Pelatih Sriwijaya FC Carikan Ichsan 'Panggung' Pesepak bola Sriwijaya FC Hilton Moreira (kanan). ( ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pelatih Sriwijaya FC Oswaldo Lessa mencarikan 'panggung' yang tepat bagi gelandang serang Ichsan Kurniawan yang telah dinyatakan pulih dari operasi cedera Anterior Cruciate Ligament atau ACL.

Oswaldo di Palembang, Selasa, mengatakan, Ichsan (21) yang telah absen selama tujuh bulan sudah diturunkannya saat melawan Persiba Balikpapan (6/5) yakni tepatnya pada menit 80 ketika Sriwijaya FC memimpin 2-0.

"Untuk pemain dengan kondisi seperti Ichsan tidak bisa turun di setiap pertandingan yang pendukung inginkan. Harus dicarikan laga yang benar-benar pas untuk dia. Saya tidak ingin nanti ketika dia turun, buat blunder, dan bisa kacau semuanya. Tentunya akan sulit mengembalikan kepercayaan dirinya lagi," kata Oswaldo, Palembang (16/5).

Lantaran itu pula, pelatih asal Brazil ini memastikan Ichsan Kurniawan tidak akan diturunkan pada laga melawan PSM di Makassar pada 21 Mei mendatang, karena laga tersebut diperkirakan tidak mudah bagi tim.

Meski demikian, Ichsan akan tetap dibawa ke Makassar karena membutuhkan latihan untuk tetap menjaga kondisi fisiknya.

"Saat ini Ichsan sudah benar-benar pulih, tapi untuk mental butuh waktu," kata mantan asisten pelatih Jacksen F Tiago.

Ichsan Kurniawan merupakan putra daerah Sumsel asal Martapura, Kabupaten Ogan Komering Timur. Pemain yang saat ini berusia 21 tahun ini pernah memperkuat skuad Timnas U-19 dibawah asuhan Pelatih Indra Safri. Bahkan ia turut andil pada saat timnas meraih gelar juara Piala AFF.

Pemain kelahiran, Martapura, 24 December 1995 ini menderita cedera parah saat membela tim melawan Bhayangkara FC di kompetisi TSC 2016. Saat itu, kakinya disapu pemain sesama skuad Timnas U-19, Hargianto. Cedera parah itu memaksanya abses hingga tujuh bulan karena dilakukan operasi ACL.

Lantaran Ichsan cedera, pelatih Oswaldo memasang Manda Cinggi, Rahmat Hidayat dan Hendra Sandy untuk menempati posisi gelandang serang berduet dengan Yu Hyun Koo.

Ichsan merupakan salah satu pemain harapan Sumatera Selatan yang berhasil menembus liga profesional.

Ia pertama kali merumput bersama Sriwijaya FC pada musim 2013-2014 saat dibawah asuhan pelatih Benny Dollo.

Sumber: ANTARA



Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE