Pelaku Perkosaan Anak Kebanyakan Orang Dekat Atau Masih Berhubungan Darah

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 25 April 2017
Pelaku Perkosaan Anak Kebanyakan Orang Dekat Atau Masih Berhubungan Darah
Arist Merdeka Sirait. (Foto: ANTARA Foto)

Anak-anak rentan menjadi korban kekerasan seksual dalam keluarga. Kondisi ini diperparah dengan temuan bahwa pelaku perkosaan terhadap anak selama ini terbanyak dilakukan oleh orang terdekat atau keluarga masih sedarah.

"Enam dari 10 kasus perkosaan terhadap anak itu dilakukan oleh orang terdekat yang memiliki hubungan sedarah, seperti ayah kandung, paman, kakak, sepupu, dan sebagainya," kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait saat berkunjung di Pekanbaru, Selasa (25/4).

Arist mengemukakan data membuktikan orang di sekitar rumah dan lingkungan anak berada sudah tidak aman lagi.

"Ini bukan informasi saja, kenyataan pelakunya adalah rata-rata orang terdekat di rumah, sekolah, tempat bermain dan pondok-pondok pesantren, asrama dan sebagainya. Mereka siap menerkam anak-anak," ujarnya pula.

Menurut Arist lagi, data mencatat dari 21 juta lebih berbagai tindak kekerasan terhadap anak di Indonesia, sebesar 58 persen itu kejahatan seksual.

Dari 58 persen data kejahatan seksual terhadap anak yang terlapor 51,7 persen.

"Perbandingan pelaku dari setiap 10 kasus perkosaan sebanyak enam di antaranya dilakukan oleh keluarga yang masih memiliki hubungan sedarah," ujarnya lagi.

Sumber: ANTARA

#Arist Merdeka Sirait #Komnas PA #Kekerasan Anak
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan