Pecinta Lemper? Yuk Buat Resepnya di Rumah Instagram @e_ndro

Lemper adalah salah satu jenis camilan atau kue basah yang berasal dari Jawa. Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa lemper berasal dari Jawa Tengah, tetapi ada juga yang mengatakan jika makanan yang terbuat dari beras ketan dan berisikan daging ayam cincang ini dari Yogyakarta.

Namun demikian, berasal dari mana pun kue basah ini adalah kuliner tradisional yang hingga sampai saat ini masih bertahan. Kuliner lemper ini juga masih terlihat pada acara-acara pengajian atau sebagai makanan takjil saat bulan ramadhan.

Jadi, tak heran kalau lemper banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu juga karena rasa yang dimiliki lemper ini sangat gurih dan nikmat. Kalian penasaran? Yuk ikuti resep berikut ini:

Instagram @yullynorton
Instagram @yullynorton

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. 100 gr beras ketan putih, cuci hingga bersih
2. 50 gr beras Putih, cuci hingga bersih
3. 250 ml santan cair
4. 1 sdt Kecap inggris
5. 100 gr Ayam cincang
6. 2 lembar daun salam

Bumbu kuning:

1. 3 siung bawang merah
2. 2 siung bawang putih dan 2 butir kemiri
3. 1 cm lengkuas, kunyit dan jahe

Cara Membuatnya:

1. Masak beras dengan santan dan daun salam hingga air habis.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, lengkuas, kunyit dan beri sedikit minyak.
3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan 2 sdm minyak, lalu masak hingga harum. Setelah itu, tambahkan daging ayam, gula, garam, lada, kecap inggris dan daun salam. Terus selanjutnya masukkan sedikit air, masak hingga matang merata.
4. Bungkus ketan dan daging dengan daun pisang.
5. Kukus lemper hingga matang.
6. Panaskan panggangan, lalu beri sedikit minyak dan kemudian bakar sebentar lemper yang telah matang tadi sekitar 5 menit setiap sisinya.
7. Angkat dan sajikan.

Bagaimana? Mudah kan guys untuk membuatnya?. Selain lemper, ada resep lain yang mungkin bisa Kalian buat di rumah. Mau tau? Baca artikel berikut: Suka dengan Makanan Prancis? Ayo Cicipi Ratatouille Panggang yang Lezatos



Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE