Patung Dewi Kwan Im Setinggi 20 Meter di Klenteng Sanggar Agung

Luhung SaptoLuhung Sapto - Jumat, 27 Januari 2017
Patung Dewi Kwan Im Setinggi 20 Meter di Klenteng Sanggar Agung
Klenteng Sanggar Agung di Kenjeran, Surabaya. (Foto MP/Tejo)

Jelang Imlek, Wahyuni masih sibuk melayani pembeli di toko peralatan sembahyang di kawasan Kenjeran, Surabaya. Dibantu dua orang rekannya, Wahyuni aktivitas lebih sibuk dibanding hari-hari sebelumnya.

Selain berjualan, Wahyuni menjadi pengurus Klenteng Sanggar Agung di kawasan yang sama dengan tokonya. Letak toko ini menjadi satu dengan gedung utama Klenteng, hanya saja toko berada di sayap kiri bangunan Klenteng. Beragam peralatan sembahyang seperti yosua, kertas sembahyang, dan lilin dijajarkan rapi.

Seorang pegawai sedang melayani pembeli peralatan sembahyang di Kenjeran Surabaya. (Foto MP/Tejo)

Klenteng Sanggar Agung sudah melakukan persiapan menyambut Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Cina. Tahun ini adalah Tahun Ayam Api. Sebuah pintu masuk baru di ujung Selatan Klenteng dibuat untuk pengunjung umum. Selain itu, Klenteng Sanggar Agung mempercantik bangunan dengan mengecat ulang. Klenteng ditutup pada tanggal 21-25 Januari 2017 untuk kegiatan bersih-bersih.

Memuja Dewi Kwan Im

Kelenteng Sanggar Agung atau dikenal juga dengan sebutan Klenteng Hong San Tang adalah sebuah klenteng di Kota Surabaya. Dibangun sekitar tahun 1999 lalu.

Di klenteng tersebut terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter membelakagi pantai timur Surabaya. Menurut Juliman salah satu umat Klenteng Sanggar Agung, klenteng ini memang memuja Dewi Kwan Im. Untuk diketahui, tak semua klenteng di Indonesia memuja Dewi Kwan Im.

Patung Dewi Kwan Im di Klenteng Sanggar Agung, Surabaya. (Foto MP/Tejo)

Menurut kepercayaan umat Khonghucu, Dewi Kwan Im sebenarnya bersinggasana di khayangan bersama dengan Budha Gautama, namun dia enggan berada di khayangan, malah lebih memilih turun ke bumi untuk membantu kesusahan manusia.

Dikatakan, banyak penganut Khonghucu yang lebih sreg untuk memuja Dewi Kwan Im, karena dia dianggap Dewi yang paling mau membantu kesusahan umat manusia.

"Saya sendiri, merasa lebih sreg untuk memuja Dewi Kwan Im, dibanding dewa lainnya. Namun bukan berarti saya tak menyembah dewa lainnya," kata dia.

Lokasi Favorit Swafoto

Karena letaknya yang berada di kawasan pantai, klenteng ini menjadi lokasi favorit kaum muda yang ingin melakukan swafoto karena pemandangannya yang instagenic.

Untuk masuk dalam area Pantai Ria Kenjeran, pengunjung harus merogoh kocek Rp15.000 untuk kendaraan roda dua dengan dua orang penumpang. Sedangkan untuk mobil dikenakan tiket sebesar Rp20.000 beserta dua orang penumpang. Sedangkan jika penumpang mobil lebih dari dua orang, maka akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp5.000 per kepala.

Tulisan ini dibuat berdasarkan laporan Tejo Sukmono, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

#Klenteng Sanggar Agung #Imlek #Surabaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan