Pasar Ikan Segar Depok Surganya Wisatawan Pecinta Seafood di Yogyakarta Pasar Ikan Segar Depok, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Pantai Depok, Kretek, Bantul, merupakan destinasi wisata terbaik bagi Anda yang menyukai kuliner makanan laut (seafood). Bukan cuma olahan yang sudah siap saji, di sini juga terdapat lapak berburu ikan laut segar.

Lapak berburu ikan tersebut ada di Pasar Ikan Segar Depok. Masih berada satu kawasan dengan obyek wisata Pantai Depok. Hanya saja, pasar ini agak menjauh dari posisi pantai. Tepatnya, begitu memasuki TPR Pantai Depok, jalur menuju pasar ada di sisi kanan.

Di pasar ini terdapat banyak jenis ikan. Mulai dari ikan cakalang, kakap putih dan kakap merah, bawal laut, kepiting, udang, cumi-cumi, dan pare.

Pasar Ikan Depok terkenal karena harganya yang murah. Bayangkan, untuk satu kilogram ikan cakalang, hanya dibanderol belasan ribu rupiah. Tentu, jika lihai menawar, ikan cakalang bisa Rp10 ribu per kilogramnya.

Ikan lainnya, kakap misalnya, hanya dibanderol kisaran Rp20 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram. Udang laut pun bisa dibeli hanya Rp5.000 per kilogram.

Ikan termahal di sini ialah ikan bawal laut. Dibanderol Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram.

Pasar ikan segar Depok
Pasar Ikan Segar Depok. (MP/Fredy Wansyah)

Salah seorang pemburu ikan segar Wandi Setyo, sengaja datang jauh-jauh dari Klaten. Ia berburu ikan kakap segar di pasar ini.

"Murah. Saya beli bisa Rp20 ribu per kilonya. Saya beli 12 kilo, buat acara," paparnya, di Pasar Ikan Segar Depok, Minggu (12/3).

Hampir setiap hari para pemburu ikan segar dan wisatawan singgah di lokasi ini.

"Ya sering wisatawan jauh-jauh kemari. Katanya buat bakar-bakar di Jogja (kota)," kata salah seorang pedagang.

Nah, jika ingin berburu ikan segar murah di pasar ini, perhatikan juga mana ikan yang sudah diberi pengawet. Berdasarkan penelusuran merahputih.com, ada saja pedagang yang menjual udang yang warnanya sudah sangat putih seperti cat warna putih. Saat dipencet, udang tersebut rapuh. So, berburulah dengan waspada dan jeli memilah ikan. (Fre)

Berita ini merupakan laporan dari Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel seputar Yogyakarta di: Pasar Seni Gabusan, Kawasan Wisata Belanja Unik di Bantul



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE