Pas untuk Hari yang Panas, Olahan Segar Buah Mangga

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 04 Oktober 2019
Pas untuk Hari yang Panas, Olahan Segar Buah Mangga
Mangga nikmat diolah jadi berbagai hidangan penutup. (foto: pixabay/liwanchun)

DAGINGNYA yang kuning cerah menggoda siapa saja untuk menikmati. Rasanya yang manis dan berair bikin buah mangga jadi favorit banyak orang. Ya, buah berdaging kuning cerah ini memang sedang musim belakangan.

Selain mudah ditemukan, mangga enak loh diolah jadi berbagai sajian segar. Nih, kamu bisa coba ide dessert mangga, seperti dilansir Resepkoki.

BACA JUGA: Buah Ciplukan, Tanaman Langka dengan Segudang Manfaat

1. Sorbet Mangga

mango sorbet
Sorbet mangga nan lembut dan segar pasti jadi favorit semua orang. (foto: Instagram @thespotkauai)


Menyulap buah-buahan menjadi es yang lembut merupakan salah satu cara termudah 'menaikkan' levelnya. Untuk mangga, kamu bisa mengubahnya menjadi sorbet nikmat.

Sorbet adalah es yang terbuat hanya dari puree buah-buahan. Jika buah yang digunakan sudah manis, tanpa campuran apa pun, sorbet mangga bisa bikin kamu ketagihan lo.

Cara membuatnya mudah. Masukkan mangga yang sudah dipotong-potong, air lemon, dan gula bubuk ke blender. Campur semua bahan hingga benar-benar halus. Tuang campuran ke dalam wadah.

Masukkan campuran sorbet ke freezer selama 6 jam sebelum dinikmati.


2. Puding Mangga

mango pudding
Enggak bakal ada yang menolak puding mangga yang segar. (foto: Instagram @sucre1226)


Tak akan ada yang menolak puding. Anak-anak hihngga dewasa, semua pasti akan suka puding. Teksturnya lembut, sedikit kenyal sehingga mudah dimakan dan bikin senang.

Mengolah mangga jadi puding juga merupakan cara cerdas memaksimalkan rasa manis dan segar mangga. Tak sulit membuat puding mangga. Blender mangga bersama susu cair, lalu saring. Masukkan campuran tersebut ke panci dan tambahkan agar-agar, gula pasir serta garam. Masak hingga mendidih kemudian tuang ke cetakan.

Ingat ya, tunggu hingga puding dingin sebelum dimasukkan ke kulkas.

BACA JUGA: Kepala Manyung Bu Fat, Bumbunya Menghipnotis Lidah


3. Mango Popsicles

mango popsicle
Es loli kesukaan anak-anak bisa juga dibuat dari mangga. Segar. (foto: Instagram @forkmedani)

Selain sorbet, mangga juga bisa dibuat popsicles atau es loli. Anak-anak pasti akan suka banget dengan olahan mangga ini.

Selain enak, tampilan es loli mangga juga menggoda. Kuning cerah. Makin oke lagi, es loli mangga bisa jadi cara membuat anak makan buah tanpa drama.

Untuk bikin es loli mangga enggak susah kok. Kamu cukup menghaluskan buah mangga matang dengan blender. Tuang deh ke dalam cetakan es loli. Tambahkan juga beberapa potongan mangga.

Setelah itu, masukkan ke freezer dan tunggu hingga beku. Es loli segar pun siap dinikmati.

4. Mango Mousse

mango mousse
Mango mousse bisa tampil cantik. (foto: Instagram @pepperdelightblog)

Untuk bikin dessert satu ini, kamu memang butuh skill baking. Meskipun demikian, kamu tetap bisa kok membuat hidangan penutup ala Prancis ini di rumah kok.

Potong mangga lalu blender bersama susu cair hingga halus. Setelah itu, tambahkan krim dan gula pasir.

Dalam wadah terpisah, masak agar-agar hingga mendidih dan dinginkan. Setelah dingin, campurkan dan aduk adonan yang sudah dihaluskan dengan agar-agar. Terakhir, tuang dalam gelas dan taruh mangga, diatasnya. Sajikan mousse dalam keadaan dingin. Nikmat.

5. Mango Sticky Rice

mango sticky rice

Dessert asal Thailand yang hype ini juga pas untuk dessert saat Natal. (foto: Instagram @takuya053)


Kamu yang doyan jajan pasti pernah larut dalam popularitas hidangan penutup khas Thailand ini. Mango sticky rice adalah olahan mangga yang berpadu gurihnya beras ketan, plus siraman kuah santan kental.

Untuk membuatnya, kamu harus terlebih dahulu memasak beras ketan dengan santan dan gula selama 30 menit. Setelah beras ketan matang, buatlah kuah santan. Kuah tersebut terbuat dari santan, air, daun pandan, gula, garam, dan maizena yang dimasak hingga kental.

Setelah semuanya matang, tata ketan dengan mangga dan siram dengan kuah santan. Rasanya manis legit dengan kesegaran mangga yang nikmat.

Jadi mana pilihan dessert kamu?(*)

BACA JUGA: Menghilangkan Anxiety Dengan Rutinitas Malam, Ampuhkah?

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan