Pariwisata Kulonprogo Gagal Capai Target Pendapatan 2016 Pantai Glagah (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Travel - Pariwisata Kabupaten Kulonprogo gagal mencapai target pendapatan di tahun 2016. Pendapatan pariwisata dari pemungutan retribusi di sejumlah objek wisata Kulonprogo hanya Rp2,5 miliar. Padahal, di awal tahun telah ditetapkan target sebesar Rp2,7 miliar.

"Pantai Glagah penyumbang tertinggi. Sedangkan pendapatan Pantai Trisik, Gua Kiskendo, dan Puncak Suroloyo turun drastis, jauh dari target," kata Kepala Seksi Objek Wisata dan Sarana Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kulonprogo, Kuat Tri Utama, kepada wartawan, baru-baru ini, di Kulonpogo, DI Yogyakarta.

Pantai Glagah mampu menyumbang Rp1,450 miliar dari target Rp1,613 miliar. Pantai Trisik menyumbang Rp48,238 juta dari target Rp94,5 juta. Puncak Suroloyo menyumbang Rp104,610 juta dari target Rp196,659 juta.

Selain itu, sejumlah objek wisata yang menjadi penyumbang pendapatan ialah Waduk Sermo, Pantai Congot, Goa Kiskendo, dan Kebun Teh Nglinggo.

Kedepannya, pihak Dispaspora Kulonprogo akan melakukan evaluasi, khususnya terkait sejumlah objek wisata yang turun jauh secara drastis realisasi pendapatan dengan target. Dua di antaranya yang menjadi catatan penting ialah Pantai Trisik dan Goa Kiskendo. (Fre)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH