Para Bule Ini Nyanyikan Lagu Patriotik Indonesia Kolaborasi para bule ini suarakan indahnya lagu Ibu Pertiwi (Foto: Instagram/tlballer)

Indonesia memiliki keanekaragaman yang sangat indah, dari alam sampai seninya, terutama lagu. Lagu Indonesia pun beragam dari pop modern, sampai lagu-lagu tradisional dan patriotik yang bisa dinyanyikan ketika acara nasional. Salah satunya 'Ibu Pertiwi', yang merupakan lagu patriotik populer Indonesia ciptaan Ismail Marzuki. Dinyanyikan bangsa sendiri sudah biasa, tapi bagaimana jika bule yang menyanyikannya?

Bule Nusantara Project merupakan sebuah proyek beberapa Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia. Mereka mengaku jatuh cinta dengan kebudayaan Indonesia dan masyarakatnya yang hangat. Salah satu "pentolan" Bule Nusantara Project tersebut adalah Tyson Lynch, suami dari Melanie Ricardo. Akhir tahun lalu, mereka menyanyikan lagu Ibu Pertiwi dan diunggah di media sosial Youtube dan Instagram.

Lagu Ibu Pertiwi sendiri disusun komposer sekitar tahun 1950-1960-an, yang liriknya menceritakan Ibu Pertiwi, majas untuk Indonesia atau Nusantara. Ibu dalam berbagai kebudayaan memiliki nilai penting, termasuk berarti inti di antara beberapa hal. Pertiwi berarti bumi, dewi, juga tanah tumpah darah.

Diawali dengan suara permainan biola oleh German Dmitriev (violis dari Rusia), lagu Ibu Pertiwi kemudian dilanjutkan oleh sembilan orang bule, yang bergantian menyanyikan penggalan-penggalan lirik. Pertama ada wajah familiar Tyson Lynch, yang adalah keturunan Australia. Ia melanjutkan alunan biola dengan penggalan lirik "... sedang bersusah hati".

Lalu ada berbagai wajah-wajah lain yang bergantian melantunkan penggalan lirik lagu Ibu Pertiwi. Semuanya tampak fasih melafalkan lirik lagu, dengan earphone di telinga masing-masing. Nyanyian mereka diiringi alunan biola dan dentingan piano.

Para bule tersebut berprofesi beragam, mulai dari musisi, aktor, konsulat, model, dan entrepreneur. Asal negara mereka pun beragam, Belgia, Inggris, Jerman, Rusia, India, Tionghoa, dan Australia. Pada akhir video ada tulisan "We *love* Indonesia, #BULENUSANTARAPROJECT". Penasaran lihat indahnya penampilan mereka? Yuk, simak video berikut.

Nah, jika para bule ini cinta Indonesia, tentu kita lebih lagi. Selamat Hari Kebangkitan Nasional Indonesia!

Baca juga: Senandung Senandika, Kado 15 Tahun Maliq & D'Essentials.



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH