Para Artis yang Ikut Pilkada Serentak 2017, Meskipun Akhirnya Kalah (Foto: MerahPutih/Dery Ridwansah)

Tidak seperti dulu, orang yang maju untuk pertarung dalam Pilkada memiliki latar belakang yang sangat beragam, termasuk para artis. Di tahun 2017 ini saja ada sederet artis yang ikut di dalam pesta demokrasi ini.

Meski demikian, tahun 2017 bisa dibilang bukanlah tahun para artis bermain politik. Berbeda dengan Pilkada serentak di tahun 2015 yang membuat beberapa artis menjadi kepala daerah, di tahun ini berdasarkan data dari berbagai sumber tak ada satupun artis yang menang dalam pertarungan Pilkada.

Sekadar untuk mengingat kembali, berikut deretan artis yang ikut dalam Pilkada serentak 2017 meskipun akhirnya gagal.

Ahmad Dhani

(Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Tentunya Anda pasti tahu dengan nama ini. Pentolan Republik Cinta Management sempat ikut maju dalam PIlkada DKI Jakarta, namun ayah empat orang anak ini gagal dan memilih untuk pindah ke daerah pemilihan lain yaitu Bekasi.

Di daerah tersebut Ahmad Dhani mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota bersama pasangannya Sa'aduddin yang diusung oleh tiga partai yakni Gerindra, PKS dan Demokrat. Namun, nasib baik kembali tidak berpihak kepada Ahmad Dhani. Ia dan pasangannya hanya menjadi urutan kedua dengan perolehan suara 309.410 suara atau 26,13 persen.

Dicky Chandra

instagram @dikychandra_

Pelawak dan aktor Dicky Chandra sebenarnya sudah punya cukup pengalaman dalam menjadi kepala daerah. Pria yang pernah bermain film Kiamat Sudah Dekat ini pernah menjadi Wakil Bupati Garut. Namun ia mengundurkan diri karena ada konflik pribadi dengan Ahmad Heryawan yang saat itu sebagai Bupati Garut.

Di tahun 2017 ini, Dicky Chandra kembali mencoba peruntungannya sebagai Calon Wakil Walikota Tasikmalaya bersama Deni Romdoni yang diusung Partai Bulan Bintang dan PDIP. Meski demikian, apa yang dialami oleh Ahmad Dhani di Bekasi pun juga menimpa Dicky Candra. Ia kalah dan masuk urutan terakhir dengan jumlah suara 22,54 persen atau 85.510 suara.

Rano Karno

ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Terakhir artis yang mencoba bertarung di Pilkada serentak 2017 adalah Rano Karno. Tokoh utama dalam sinetron Si Doel Anak Betawi ini maju bersama Embay Mulya Syarief sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Rano-Embay ini bertarung dengan satu pasangan yakni Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Meski punya pengalaman mengatur Provinsi Banten di periode sebelumnya, Rano Karno harus menanggung kekalahan tipis. Rano-Embay hanya mendapat suara sebesar 2.321.323 atau 49,05 persen sedangkan pasangan WH-Andika meraih 2.411.213 suara atau 50,95 persen.

Sahabat Merahputih, itulah tiga artis yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah di tahun 2017, meskipun pada akhirnya mereka harus menanggung kekalahan.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ini Prediksi Pandji Pragiwaksono Di Pilkada DKI 2017 Putaran Kedua



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE