Pantai Ketapang Mauk, Destinasi Wisata Sejarah dan Bahari yang Terabaikan

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Kamis, 05 Januari 2017
Pantai Ketapang Mauk, Destinasi Wisata Sejarah dan Bahari yang Terabaikan
Potensi destinasi Pantai Ketapang Mauk yang terabaikan (MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih Travel - Pantai Ketapang Mauk di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang memiliki potensi yang cukup bagus menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Kabupaten Tangerang. Karena, selain memiliki akses transportasi yang cukup memadahi, dan berdekatan dengan Pangkalan Sat Radar TNI AU, juga memiliki sejarah tentang salah seorang Pahlawan Nasional Otto Iskandardinata.

Di Kampung Pelelangan, tidak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Ketapang, adalah tempat dibunuhnya secara sadis Otto Iskandardinata. Di pantai ini juga jasad Mantan Menteri Negara di era Presiden Soekarno tersebut dibuang.

Perkampungan nelayan di Pantai Ketapang Mauk, Kabupaten Tangerang (MP/Widi Hatmoko)

"Pantai Ketapang sebenarnya memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata bahari, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata sejarahi. Karena di Kampung Pelelangan, tepat di dekat Pantai Ketapang menjadi saksi sejarah terbunuhnya Pahlawan nasional Otto iskandardinata," ujar Mimy Chaitamy, salah seorang tokoh Kabupaten Tangerang dan pernah menulis sejarah tersebut kepada merahputih.com, Rabu (4/1).

Menurut Mimy, jika kawasan tersebut dikelola dengan baik, tidak hanya mendulang Pendapatan Aseli Daerah (PAD) Kabupaten Tangerang saja, tapi juga meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, sejarah tentang Pahlawan Otto Iskandardinata juga merupakan bagian dari sejarah yang harus diketahui oleh masyarakat, terutama untuk para pelajar. "Sayang sekali, ini terabaikan," katanya.

Posmat TNI AL di Pantai Ketapang dibiarkan mangkrak (MP/Widi Hatmoko)

Saat ini saja, kata Mimy, sebagian masyarakat sudah memulai mendulang perekonomian dengan membuat tambak-tambak serta bagan pemancingan untuk disewakan. Namun karena mereka masih melakukannya secara mandiri dan tidak ada campur tangan dari para pemangku kebijakan, semua berjalan tanpa aturan. Saat ini ada sekitar 13 tambak pemancingan yang tersebar di sekitar Pantai Ketapang.

#Pantai Mauk #Wisata Bahari #Wisata Sejarah #Wisata Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan