Panglima TNI Siap Jadi Terdakwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (MP/Rizky Fitriyanto)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta anggotanya bersikap tegas menindak siapa pun yang melakukan intimidasi dan mengganggu masyarakat saat Pilgub DKI Jakarta putaran kedua di setiap TPS. Gatot mengimbau setiap anggotanya tak perlu takut untuk digugat karena bersikap tegas.

"Ini tugas mulia, lakukan tugasmu, pelajari betul apabila kamu melakukan tugas sesuai prosedur. Apa pun akibatnya untuk membuat Jakarta aman, saya jamin kamu tak akan duduk di meja hijau sebagai terdakwa," tegas Gatot saat memberikan sambutan kepada 26.000 anggota Polri dan TNI dalam pembekalan jelang Pilgub DKI di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

Gatot bahkan siap pasang badan bagi anggotanya yang diperkarakan karena bersikap tegas saat menjaga TPS.

"Ini direkam, yang sebagai terdakwa yang memberi perintah kamu. Panglimamu (siap) sebagai terdakwa. Jelas?," kata Gatot.

Ribuan personel TNI dari seluruh matra yang ada di dalam dan di luar pun secara semangat menjawab arahan dari Panglima. "Siappp!," teriak para anggot TNI memekikan telinga.

Gatot meminta anggotanya tak ada kata ragu dalam mengamankan masyarakat DKI dari segala bentuk intimidasi. "Kamu disumpah, kamu dikasih gaji untuk amankan masyarakat DKI. Kamu semuanya organik dari Kodam Jaya dari Polda dari Tni dan Polri dari luar daerah untuk amankan warga DKI," tandas Gatot.

Hak memilih adalah konstitusi setiap warga negara. Untuk itu, negara dituntut untuk hadir sehingga jika masyarakat yang merasa takut dan tak aman dapat mendapatkan haknya.

"Di sini negara hadir dan yang menghadirkan dalam tempat ini dalam tempat pemilihan nanti di seluruh DKI adalah kalian semua prajurit TNI polri," kata Gatot membakar semangat.

"Tugas yang kamu laksanakan adalah tugas mulia. Membuat masyarakat DKI aman, tentram, dan damai. Semuanya bisa bergembira, jadi ini tugas mulia," tutup Gatot. (Ayp)

Baca berita terkait Pilgub DKI Jakarta lainnya di: Kapolri Perintahkan Kapolda Jawa Dan Sumatera Cegah Mobilisasi Massa



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH