Paguyuban Odong-odong Alun-alun Kidul Minta Maaf

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 02 Januari 2017
Paguyuban Odong-odong Alun-alun Kidul Minta Maaf
Odong-odong Alun-alun Kidul. (Instagram/hepk7986)

MerahPutih Wisata - Kenaikan tarif odong-odong dari Rp30 ribu menjadi Rp150 ribu di masa liburan Tahun Baru membuat warga dan netizen berang. Namun, Pengurus Paguyuban Pelaku Wisata Alkid Yogyakarta (PPWAY) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh wisatawan Alun-alun Kidul. PPWAY juga menyampai alasan kenaikan tarif yang terbilang di atas kewajaran.

"Terkait harga sewa odong-odong tersebut, kami mencoba mengklarifikasi bahwa standardisasi harga sewa odong-odong/sepeda hias/sepeda wisata memang belum bisa kami implementasikan karena kami kesulitan untuk menentukan parameter sebagai pedoman penentuan harga sewa odong-odong tersebut. Harga sewa Rp150 ribu satu kali putar di saat liburan memang terjadi demikian," kata PPWAY, melalui akun Facebook Deddy Novie, dikutip Senin (2/1).

Tingginya harga sewa odong-odong dari penyedia jasa dinyatakan karena beberapa faktor. Selain ketiadaan standardisasi harga di saat momen liburan, perangkat odong-odong juga menjadi alasan lain. Ditawarkannya harga tinggi di atas Rp100 ribu karena penyesuaian modal usaha.

"Harga sewa 150 ribu sekali putar, bisa dimungkinkan armadanya baru, kemasannya menarik dan bisa muat lebih dari 7 orang. Mereka pun menawarkan harganya sesuai dengan besaran modal usaha awal yang mereka keluarkan (bisa mencapai puluhan juta) dan berapa lama BEP yg akan diperoleh. Jadi, penawaran harga di sinilah akan terjadi," katanya. (Fre)

Wisata menarik di Alun-alun Kidul dapat dibaca juga di Nikmati Hiburan Malam di Alun-alun Kidul Yogyakarta

#Alun-alun Kidul #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan