Paduan Rasa Unik "Ikan Goreng Kakap Saus Leci" Penampilan Ikan Goreng Kakap Saus Leci (Foto: Royco)

Berbagai kandungan seperti protein, vitamin A, vitamin B kompleks, taurin, selenium, omega-3, dan omega-6 ada pada ikan kakap. Omega-3 dalam ikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan serta mengoptimalkan fungsi otak Anda.

Ikan kakap sendiri merupakan jenis ikan yang hidup di air payau. Ada dua jenis ikan kakap yang biasa kita konsumsi, yakni kakap merah dan putih.

Namun, kebanyakan orang lebih memilih ikan kakap putih untuk dijadikan menu olahan lezat. Alasannya, ikan kakap putih memiliki ukuran yang lebih besar—bisa mencapai 3 kg—daripada kakap merah.

Nah, buat Anda yang hobi mengkreasikan beberapa menu masakan dari ikan kakap, jangan sampai melewatkan resep Ikan Goreng Kakap Saus Leci lezat satu ini. Cara membuatnya juga mudah kok. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan ikuti cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

- 500 gr filet ikan kakap yang dipotong sesuai selera
- 250 gr tepung maizena
- 1¼ sdt bumbu penyedap rasa ayam
- 2 sdm air jeruk nipis
- ½ sdt garam
- ½ sdt merica putih bubuk
- minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Saus leci:

- 3 siung bawang putih yang dimemarkan
- 1 buah bawang bombay yang dipotong dadu 2 cm
- 1 buah paprika merah yang dipotong dadu 2 cm
- 1 ¼ sdt bumbu penyedap rasa ayam
- 1 sdt gula pasir
- 4 sdm saus tomat botolan
- 1 kaleng buah leci yang disisihkan air rendamannya 200 ml
- 1 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air
- 300 ml air
- ½ sdt margarin untuk menumis

Cara masak:

Pertama-tama, lumuri ikan filet dengan bumbu penyedap rasa ayam, air jeruk nipis, garam dan merica. Lalu diamkan sekitar 15 menit.

Gulingkan ikan filet ke dalam tepung maizena hingga merata sambil ditekan-tekan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Setelah itu, angkat, tiriskan, dan sisihkan.

Membuat saus:

Panaskan margarin di dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan paprika, aduk hingga rata.

Lalu tambahkan bumbu penyedap kaldu rasa ayam, gula, dan saus tomat. Aduk hingga rata. Tuangkan air, lalu tunggu sampai mendidih.

Yang terakhir, setelah mendidih, Anda bisa masukkan leci dan larutan tepung maizena ke dalam wajan. Masak hingga kuah mengental.

Cara penyajian:

Anda harus lebih dulu menyusun ikan kakap goreng dalam piring saji, lalu siram saus leci di atasnya. Nah, setelah itu, Ikan Goreng Kakap Saus Leci buatan Anda siap disajikan di meja makan. Selamat mencoba.

Bukan hanya Ikan Goreng Kakap Saus Leci saja yang bisa menjadi menu andalan Anda bersama keluarga hari ini. Masih banyak menu spesial lainnya yang tidak kalah lezat seperti yang satu ini: Resep "Pindang Asam Iga Sapi", Sumber Protein Dalam Kuah Segar.



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE