Pacu Adrenalin di Wisata Tebing Citatah Bandung

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Senin, 02 November 2015
Pacu Adrenalin di Wisata Tebing Citatah Bandung
Tebing Citatah. (instagram thisisindonesian)

MerahPutih Wisata - Bagi Anda yang suka tantangan dan petualangan, Anda wajib mengunjungi salah satu tempat wisata yang bisa memacu adrenalin di Tebing Citatah.

Tebing Citatah merupakan sebuah kawasan tebing yang terletak di kawasan Citatah di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di 5 km Padalarang. Dengan morphologi kawasan yang berbukit dan terbentuk sebagian besar dari kapur, sehingga Citatah terlihat berbeda dengan bukit– ukit pada umumnya.

Tebing Citatah yang merupakan salah satu tempat wisata di Bandung pernah menjadi bahan perbincangan di berbagai media lokal dan nasional, setelah KRBC (Kelompok Riset Cekungan Bandung) melakukan kajian terhadap kawasan ini. Citatah adalah daerah pertambangan kapur yang sangat produktif. Pertambangan ini sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke–19 dan terus berlangsung hingga kini.

Tentu saja, dulu belum seaktif sekarang yang sudah menggunakan alat canggih dan dinamit untuk meledakkan bagian bukit yang mengandung gamping yang berdampak buruk terhadap kawasan Citatah sendiri. Citatah memiliki tiga tebing yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125.

Tebing Citatah 48 memiliki ciri khas yang membedakan dengan tebing lainnya yaitu dengan terdapatnya sebuah tugu berbentuk pisau belati yang menancap tepat berada di puncak tebing. Tugu Pisau belati raksasa ini menjadi ciri khas yang sangat mencolok.

Tebing Citatah 90 juga terletak di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Tebing ini memiliki jenis batuan karst atau kapur dengan ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. Seperti tebing Citatah – 125 dan Citatah – 48, Tebing ini terletak di daerah sekitar pabrik penambangan batu karst.

Tebing Citatah 90 memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibanding Tebing yang lain. Tebing yang memiliki nama resmi Gunung Pabeasa ini memiliki sekitar 4 – 5 jalur pemanjatan yang biasa dipakai dan Tebing Citatah 90 memiliki permukaan yang cenderung rapuh.

Tebing Citatah 125 terletak pada Gunung kapur yang tertinggi di daerah Citatah, yaitu Gunung Singgalang, yang memiliki ketinggian tebing 125 meter sehingga disebut Tebing Citatah 125. awasan Tebing Citatah 125 ini menjadi pusat pendidikan untuk sekolah panjat tebing yang ada di Bandung maupun Jabodetabek.

Untuk menuju ke lokasi Tebing Citatah yang terletak di daerah Padalarang, Bandung, tepatnya berada di belakang pabrik Multi Marmer Alam. Waktu yang tempuh dari jalan raya menuju tebing kurang lebih 6 menit. Apabila ditempuh dengan berjalan kaki, untuk pengguna mobil dapat memarkirkan mobilnya di dekat tebing. Di sekitar tebing banyak terdapat kebun pertanian penduduk setempat.

 

BACA JUGA:

  1. Kolbano, Pantai Unik Bertabur Batu Warni-Warni
  2. Wisata Sejarah di Museum Gudang Ransum Sumatera Barat
  3. Wisata Alam Geopark Merangin, Situs Bersejarah Nan Eksotis
  4. Pantai Watu Karung, Surga Surfing dengan Ombak Kelas Dunia
  5. Liburan Asyik di Tempat Wisata Arung Jeram Citra Elo Yogyakarta
#Tempat Wisata Bandung
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan