OSVIA, Cikal Bakal Pendidikan Tinggi di Serang Opleidingsschool voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA) MP/Sucitra De)

Opleidingsschool voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA) adalah salah satu sekolah dengan jenjang tertinggi yang ada di Banten yang diketahui berdiri sampai tahun 1910.

Ketika itu, di seluruh nusantara yang merupakan wilayah kolonial Belanda, hanya ada enam sekolah OSVIA, yaitu di di Bandung, Magelang, Madiun, Blitar, Probolinggo, dan di Serang.

Menurut peneliti Bantenologi Mufti Ali, jika disamakan dengan zaman ini, fungsi sekolah OSVIA itu seperti STPDN, di mana lulusannya akan ditempatkan sebagai pamong praja (Pegawai Negeri Sipil).

"Untuk meniti karier sebagai Pamong Praja, harus lulus OSVIA," katanya, Selasa (14/3).

Ia mengatakan, karena OSVIA hanya ada enam di nusantara, tak heran jika kemudian anak-anak muda di nusantara datang ke Serang untuk belajar.

"Mereka datang dari daerah-daerah jauh d nusantara, ada yang datang dari kalimantan, dan Sulawesi, yang terdekat dari Jakarta dan Bogor," katanya.

Dengan sejarah yang menarik itu, maka wajar jika ia heran wajah dunia pendidikan Banten hari ini tidak diperhitungkan di kancah nasional.

OSVIA tersebut, kini menjadi gedung yang digunakan sebagai Markas Polisi Resort Serang yang berlokasi di Jalan Jend A Yani Kota Serang, Banten.

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Sucitra De, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Banten dan sekitarnya.



Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH