Olahraga Bela Diri Muay Thai Juga Digemari Anak-anak

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 26 Maret 2017
Olahraga Bela Diri Muay Thai Juga Digemari Anak-anak
Sabil Fasha Firmansyah bersama ketiga rekannya di Vertikal Studio, Depok, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Selain merambah dunia wanita, olahraga bela diri muay thai ternyata juga mulai digemari oleh anak-anak. Muay thai sendiri merupakan olahraga nasional Kerajaan Thailand dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Olahraga ini memiliki teknik pertarungan yang sangat keras dan berbahaya.

Sabil Fasha Firmansyah (11), salah seorang anak yang menggeluti olahraga bela diri Muay Thai mengaku, mengaku mempunyai cita-cita menjadi petarung layaknya jago bela diri muay thai asal Thailand, Buakaw Banchamek.

“Cita-citaku ingin menjadi fighter. Aku mau seperti Buakaw,” ungkap Sabil kepada merahputih.com di Vertikal Studio, Depok, Jawa Barat, Minggu (26/3).

Kegemarannya terhadap Muay Thai, kata Sabil, berawal dari dorongan ayahnya yang juga merupakan pencinta olahraga asal Negeri Gajah Putih itu. Sejak masih duduk di bangku kelas III, dirinya juga kerap diajak sang ayah berlatih dan mengajar di tempat bela diri muay thai pertama di Depok, Algojo Muay Thai. “Aku tertarik karena ayah. Aku diajarin sama ayah dari dua tahun yang lalu,” ucap Sabil.

Sabil Fasha Firmansyah, penggemar bela diri Muay Thai. (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

Setelah ditempa olahraga keras tersebut selama dua tahun, bocah yang kini duduk di bangku kelas V itu, saat ini sudah mulai mengajarkan kepada teman sebayanya. “Jadi, sebelum mengajar di sini (Vertikal Studio), aku belajar di Algojo Muay Thai bersama ayah. Awal mencoba, aku agak kesusahan dengan tekniknya. Namun, kalau sudah biasa, alhamdulillah, gampang,” kata Sabil.

Meski baru memiliki tiga murid tetap, Sabil mengaku sangat senang menjalani kegiatannya itu setiap akhir pekan. Bahkan, ketiga rekan Sabil pun mengaku sangat menyukai olahraga yang cenderung menguras tenaga itu. “Aku mengajarkan teknik memukul dan menendang. Mereka senang, soalnya aku juga sambil sesekali bercanda,” ucapnya.

“Teman-teman yang ikut muay thai baru tiga. Mereka itu adalah member tetap. Kalau yang hanya kunjungan juga ada beberapa,” tandasnya.

Adapun efek yang dirasakan Sabil dan juga ketiga rekannya itu usai berlatih adalah badan terasa ringan dan lebih enak dari sebelumnya.

Untuk mengikuti artikel lainnya terkait olahraga bela diri muay thai, baca juga: Ini yang Membuat Bela Diri Muay Thai Digandrungi Wanita

#Muay Thai #Komunitas Muaythai Indonesia #Bela Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan