Nonton Film Kartini, Gus Ipul: Perempuan Sukses Tetap Utamakan Keluarga Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. (MP/Budi Lentera)

Dalam memperingati Hari Kartini, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengajak para siswa sekolah dan para stakeholder menonton bersama film "Kartini" di salah satu bioskop di Surabaya.

"Kartini ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa, karena Kartini telah menjadi pelopor untuk kemajuan perempuan di Indonesia," ujar pria yang akrab dipanggil Gus Ipul tersebut, Jumat (21/4).

Gus Ipul juga menjelaskan manfaat mengajak para siswa-siswi menonton film "Kartini", agar mereka paham dan mengingatkan perjuangan Kartini dalam memperjuangkan perempuan, tidak hanya cerita dari guru saja.

"Bahkan hak berpolitik perempuan saat ini telah diatur dalam undang-undang. Ini juga berkat Kartini," lanjutnya.

Menurut Gus Ipul, tantangan bagi perempuan masa kini yang sudah sukses dan maju adalah untuk tetap setia pada keluarganya. Ini penting dilakukan karena meskipun Kartini telah sukses mengembangkan wawasannya, tapi tetap menomorsatukan keluarganya.

"Sesukses atau sehebat apa pun perempuan masih tergantung pada suaminya. Yang perlu kita ingat adalah Kartini sangat setia pada keluarganya" tegasnya.

Gus Ipul juga menilai film "Kartini" merupakan tonggak bersejarah bagi perfilman di Indonesia. Apalagi selama ini, belum ada film yang luar biasa sejak tahun 2008. Menurutnya, semua pihak yang terlibat baik penulis, sutradara, dan pemain-pemainnya sangat bagus dan profesional.

Dalam kesempatan tersebut Gus Ipul beserta seluruh yang hadir secara khusus mengenakan blangkon dan beskap sebagai bentuk pelestarian tradisi leluhur.

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya tentang Hari Kartini dalam artikel: Selain Kartini, Ini Perempuan Yang Perjuangkan Kesetaraan Gender



Kapten