Nikmati Gurihnya Buntut Bakar Empuk Berlimpah Saus Nan Kental di 5to12 Cafe 5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)

Bosan dengan buntut bakar yang cita rasanya cenderung gurih dan asin? Kalau begitu, MP Friends wajib mencicipi buntut bakar andalan 5to12 Café.

Buntut bakar di resto ini dibuat dengan kombinasi rasa asin dan manis yang pas. Bumbunya pun meresap hingga ke bagian dalam daging.

Pertama kali melihat tampilannya di atas piring, saya sudah langsung tergoda untuk segera menyantapnya. Saus yang berlimpah dengan warna cokelat kehitaman yang membalut buntut bakar ala 5to12 Café membuat saya penasaran seperti apa rasa bumbunya.

5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)
5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)

Apalagi, Cucu Ruhendan yang bertanggung jawab di bagian Kitchen 5to12 Café sebelumnya telah mengungkapkan kalau ia memadukan bumbu khas Eropa dengan bumbu khas Indonesia yang kaya rempah pada resep buntut bakar racikannya itu.

Cucu menyebutkan kalau buntut bakar di sana memiliki cita rasa yang berbeda dengan di kafe lain. “Kami menyatukan bumbu khas Eropa dengan Indonesia,” terang Cucu saat menjamu merahputih.com di 5to12, Jalan R.A.A. Martanegara Nomor 50, Bandung.

5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)
5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)

Pada pembuatan saus, ia memasukkan saus tiram. Saat saya cicipi saus yang membalut buntut bakar di sana, cita rasa dan aroma saus tiramnya terasa cukup dominan.

Penggunaan saus tiram menjadikan saus buntut bakar terasa gurih dan warnanya menjadi cokelat kehitaman. Selain itu, Cucu memakai pula bunga lawang, cengkeh, kepulaga, salam, serai, jahe, saus tomat dan sambal pada pembuatan buntut bakar.

5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)
5to12 Cafe (MP/Rina Garmina)

Buntut bakar nan gurih tersebut disajikan dengan nasi putih, kuah kaldu, sambal, lemon, emping dan hiasan mentimun serta selada bokor. Melihat penampilannya yang menarik dengan saus dan bumbu yang gurih, tidak heran kalau buntut bakar menjadi menu favorit pengunjung 5to12 Café.

Ingin mencobanya? Datang saja ke 5to12 Café sekitar pukul 7 pagi hingga 12 malam. Untuk sepiring buntut goreng, siapkan saja budget sekira Rp60 ribu. Selamat mencoba!

Berita ini berdasarkan laporan Rina, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Dapatkan informasi lainnya dari Bandung dalam artikel: Koffie Tijd, Tempat Ngopi Bergaya Belanda yang Instagrammable



Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE