NASA Buat Laptop untuk Temukan Kehidupan di Planet Lain

Fadhli Fadhli - Kamis, 19 November 2015
NASA Buat Laptop untuk Temukan Kehidupan di Planet Lain
Chemical Laptop NASA. (Foto: NASA)

MerahPutih Sains - NASA sudah sering melakukan observasi dan berhasil menemukan tanda-tanda potensial adanya kehidupan di planet lain. Kini mereka membuat proyek yang lebih sederhana dengan membuat laptop untuk temukan kehidupan di planet lain.

Laptop ini, seperti diungkapkan NASA, dinamai Chemical Laptop. Laptop ini dikembangkan di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California. Chemical Laptop merupakan laboratorium mini yang menganalisis sampel untuk bahan yang terkait dengan kehidupan.

"Jika alat ini untuk dikirim ke ruang angkasa, itu akan menjadi perangkat yang paling sensitif dari jenisnya untuk meninggalkan Bumi, dan yang pertama yang dapat melacak asam amino dan asam lemak," kata Jessica Creamer, NASA postdoctoral yang berbasis di JPL.

Seperti tricorder dari "Star Trek," Chemical Laptop adalah miniatur laboratorium on-the-go. Peneliti berharap kedepannya dapat mengirimkan laptop ini ke planet lain seperti Mars.

Para peneliti berharap dapat memiliki laptop komputasi biasa, namun lebih tebal untuk memberikan ruang untuk komponen analisis kimia di dalamnya. Namun cara kerjanya tidak seperti tricorder yang melakukan scaning, Cemical Laptop harus menelan sampelnya untuk menganalisa.

"Perangkat kami adalah penganalisa kimia yang dapat diprogram seperti laptop untuk melakukan fungsi yang berbeda," kata Fernanda Mora, tim teknolog JPL yang sedang mengembangkan instrumen dengan JPL Peter Willis, peneliti utama proyek.

"Seperti pada laptop biasa, kita memiliki aplikasi yang berbeda untuk analisis yang berbeda seperti asam amino dan asam lemak," tambah Fernanda.

Asam amino adalah pembentuk protein, sedangkan asam lemak merupakan komponen kunci dari membran sel. Keduanya penting untuk kehidupan, tetapi juga dapat ditemukan dalam sumber-sumber non-hidup seperti bebatuan. Tugas Chemical Laptop adalah untuk membedakannya.

 

BACA JUGA:

  1. Pertama Kalinya Dokter Membedah Otak untuk Berikan Obat
  2. Sidik Jari Nano, Basis Keamanan Terkuat
  3. Ditemukan Kembaran Venus
  4. Pemanasan Global, Gletser Greenland Mencair
  5. 2019 Jepang akan Taklukan Bulan
#NASA
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan