Indonesiana Kuliner Nusantara

Namanya Bika Ambon, Tapi Oleh-oleh Khas Punya Medan Bung!

Namanya Bika Ambon, Tapi Oleh-oleh Khas Punya Medan Bung!

Oleh-oleh jadi salah satu perekat perkawanan. Pecinta kuliner nusantara punya kawan orang Medan? MP Kuliner rekomendasikan untuk minta oleh-oleh bika ambon.

Bika ambon bisa jadi jalan mempererat perkawanan dengan orang Medan. Orang Medan terkenal dengan suaranya yang keras, tapi soal kuliner satu ini beda lagi, orang Medan membuat bika ambon salah satu kuliner tradisional yang super lembut.

Rasa bika ambon sangat khas dengan harum kue yang tercium ketika memakannya. Teksturnya sangat lembut di mulut dan sedikit kenyal. Warnanya kekuningan dengan rongga-rongga memanjang vertikal. Kalau pecinta kuliner ingat rongga dalam martabak, rongga pada bika ambon lebih unik lagi, menyimpan sejuta rasa. Rasa khas bika ambon ini yang selalu membuat bangga orang Medan untuk menjadikannya oleh-oleh.

Bika ambon. (Instagram/mrsggunawan)
Bika ambon. (Instagram/mrsggunawan)

Bika ambon tak hanya berwarna kekuningan. Ada juga yang kehijauan dengan rasa pandan dan beberapa rasa lain. Bahan pembuatnya sebetulnya sangat sederhana, yaitu tepung, telur, gula, dan santan. Pokoknya, kuliner Medan satu ini jadi salah satu makanan dalam list pecinta kuliner nusantara.

Mungkin pecinta kuliner nusantara bertanya-tanya, kok bika ambon berasal dari Medan, bukan dari Ambon, Maluku? Salah satu versi yang dihimpun MP Kuliner, nama bika ambon berasal dari nama jalan di Medan yaitu Jalan Ambon. Jalan ini asal mula penganan ini terkenal dari mulut ke mulut, hingga ke luar daerah. Jadi, awalnya bika Jalan Ambon.

Dalam versi yang berkembang, bika ambon merupakan sentuhan "Medan" dari kuliner khas Melayu yang bernama bika atau bingka. Bahan pembuatan bingka diracik lagi dengan nira atau tuak enau sehingga menjadi bika ambon seperti yang sekarang. Percampuran tradisional ini membuat kue menjadi lebih harum dan mengembang dengan rongga atau pori-pori dalam bingka. Pada akhirnya, lahir kue bika ambon yang dikenal seperti sekarang, telah menjadi ikon kuliner Kota Medan.

Bika ambon. (Instagram/yanidianabetri)
Bika ambon. (Instagram/yanidianabetri)

Bika ambon mudah ditemui di Kota Medan. Sebagai oleh-oleh khas, para penjual membuka toko-toko khusus untuk penganan buah tangan. Salah satu kawasan pejualan bika ambon terkenal di Kota Medan yaitu di Jalan Majapahit. Bika ambon oleh-oleh ini biasanya dibungkus dalam bentuk seloyang penuh, lalu dipotong-potong kecil saat disajikan.

Bika ambon telah menjadi kebanggaan warga Medan. Rasanya yang enak telah mewakilkan warga Medan akan selera citarasa tradisional yang tinggi. Soal kekayaan kuliner juga, orang Medan bisa dengan keras mengatakan, "ini Medan, Bung!"

Bika ambon. (Instagram/icha_rach)
Bika ambon. (Instagram/icha_rach)

Indonesia sebagai negeri segala kuliner telah diwariskan dengan banyak kuliner tradisional. Begitu pun dengan Sumatera Utara, banyak kuliner tradisional yang telah terkenal hingga ke luar daerah. Warga Sumatera Utara yang dikenal juga sebagai perantau ulung, telah banyak berkontribusi memperkenalkan ketinggian budaya daerahnya melalu kuliner tradisional.

Sekali lagi, jika pecinta kuliner nusantara punya kawan orang Medan? Mintalah oleh-oleh bika Ambon. Kue ini bisa tahan berhari-hari. Jika sudah mengeras di perjalanan, kelunakan dan citarasanya akan kembali setelah dikukus barang sebentar.

Kuliner Sumatera Utara lainnya dapat dicicipi juga di Menyantap Ikan Mas Na Niura Tanpa Dimasak

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami