MUI Ajak Umat Islam Cintai Pancasila Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dan Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Maraknya organisasi berbasis ideologi dan agama yang menolak Pancasila menjadi keprihatinan Majelis Ulama Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak, Banten mengajak umat Muslim wajib mencintai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 45 sebagai ideologi bangsa Indonesia.

"Pancasila dan UUD 45 menjadikan bangsa Indonesia cukup besar di dunia," kata Ketua I MUI Kabupaten Lebak KH Baijuri saat memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lebak, Sabtu (20/5).

Masyarakat Indonesia yang beranekaragam perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa hingga kini bersatu dengan ideologi Pancasila dan UUD 45. Selain itu juga persatuan dan kesatuan bangsa semakin kokoh dan kuat.

Perjuangan para alim ulama di antaranya KH Agus Salim dan KH Abdul Wachid Hasyim cukup besar menyumbangkan pemikiran merumuskan nilai-nilai Pancasila dan UUD 45 sebagai ideologi bangsa.

Karena itu, MUI Lebak sebagaimana dilansir Antara, mengajak umat Muslim wajib mencintai Pancasila dan UUD 45 untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang memiliki keanekaragaman budaya, agama, bahasa dan adat.

"Kita harus mempertahankan NKRI karena harga mati dan umat muslim siap melawan gerakan kelompok-kelompok yang menentang atau memecahbelahkan NKRI," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, umat muslim juga wajib melakukan perlawanan jika ada yang mengobok-obok bangsa ini yang akan menguasai Indonesia oleh orang-orang asing.

MUI Lebak terus mengoptimalkan sosialisasi agar masyarakat tidak terpengaruh oleh faham radikalisme atau ISIS yang bisa memecahbelah NKRI. Kehadiran Islam sebagai agama 'rahmat lila'alamin' bagi sekalian alam. Ia menjelaskan umat Islam dalam sejarah mampu menjadi tonggak pemersatu bangsa, sehingga umat muslim bagian terdepan dalam mempertahankan dan memperkuat NKRI.

"Islam tentu mengajarkan cinta Tanah Air sebagai bentuk keimanan diantaranya mempertahankan NKRI itu," katanya.

Ketua Bidang Kemahasiswaan Latansa Mashiro Rangkasbitung Muhammad Husen mengatakan Pancasila dan UUD 45 sebagai ideologi negara merupakan pilihan final bangsa Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

Selain itu juga Pancasila yang membesarkan NKRI dengan keanekaragaman ditengah perbedaan menjadikan kekuatan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami siap melakukan perlawanan jika ada kelompok tertentu yang berkeinginan mengubah Pancasila," katanya.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE