Mobil Presiden Jokowi Mogok, Ini Jawaban Istana  Mobil Kepresiden Jokowi (Foto: Ist)

Mobil RI-1 yang menjadi kendaraan dinas Presiden mogok. Kejadiannya saat Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Iya, mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit. Mogok karena bermasalah pada settingan gas, sehingga laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal," kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3). "Kejadiannya sekira lima menit," imbuhnya.

Peristiwa itu terjadi saat Jokowi dan rombongan hendak santap siang ke Kubu Raya, sekira 2 km dari Bandara Supadio, Pontianak.

Paspampres sempat memeriksa kondisi sekitar, setelah itu Nyonya Jokowi pindah ke mobil Alphard disusul kemudian oleh Jokowi.

Sekedar informasi, mobil yang digunakan Presiden Jokowi sebagai kendaraan dinas adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Sebenarnya sedan mewah keluaran pabrikan Jerman ini adalah kendaraan dinas Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mobil tersebut dibeli tahun 2004.

Mobil mengemas mesin 5,5 liter V12 yang dirakit Sindelfingen Jerman. Mobil ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni. Mercedes-Benz S600 Guard telah memenuhi sertifikasi B6/B7.



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE