Miqdad Prakoso: Si Tukang Cerita Cilik dari Kampung Dongeng Miqdad Prakoso (Dokumen Kampung Dongen)

Miqdad Prakoso, adalah pendongeng cilik yang baru-baru ini namanya mulai melejit dengan karya-karya dongengnya yang lucu dan memukai. Kepiawaiannya bermain gitar serta kepandaiannya bernyayi, ternyata membuat teman-temannya lebih terhibur ketika melihat dan menyimak Miqdad Prakoso mendongeng.

Tidak banyak yang tahu memang, siapa sebenarnya Miqdad Prakoso. Ternyata, dia adalah anak ke dua salah seorang pendongeng Indonesia, Kak Awam Prakoso, pendiri Kampung Dongen Indonesia. Saat ini, Miqdad duduk dibangu sekolah kelas 1 SMP.

Keberanian Miqdad tampil di panggung terhitung sejak Miqdad berusia 3 tahun, untuk menyanyi atau sekedar menemani ayahnya saat ampil mendongeng. Dan saat Miqdad berusia 7 tahun bakat mendongengnya mulai timbul. Ia berani mengemas cerita dan menyampaikan pada audiance disertai konsep musikal. Di mana dongeng yang ia bawakan dikemas dengan lagu dan ilustrasi musik.

Tapi, memang begitulah, "Buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya", ini yang dialami oleh Miqdad Prakoso. Di usianya yang masih sangat anak-anak, karena diasah dan dibimbing oleh orang tuanya, di usia yang masih belasan tahun ia sudah memiliki kemampuan mendongen yang bisa membuat decak kagum penontonnya.

Segudang prestasi juga ia raih, seperti Juara Albi Rising Star NET TV-Alfa Mart, Wakil DKI Jakarta (2014), Grand Final Albi Rising Star NET TV-Alfa Mart, Tingkat Nasional (2014) klik, Juara 2 Lomba Medongeng Perpusda, Kota Tangerang Selatan (2015), Juara 1 Lomba Mendongeng Plaza Senayan (2015), Juara 1 Lomba Mendongeng RRI DKI Jakarta (2015), Juara 1 Lomba Mendongeng Plaza Semanggi (2015), Juara 2 Lomba Mendongeng Kemendikbud (2016), dan Grand Final Kidzania Talent Show, Pacific Place (2016) klik.

Ia juga kerap tampil sebagai narasumber di berbagai acara televisi bersama beberapa artis terkenal seperti Cak Lontong. Keren ya?

Untuk mengikuti artikel lain terkait Hari Dongeng Internasional, baca juga: Ini Asal Muasal Si Komo Menjadi Biang Kemacetan



Widi Hatmoko

YOU MAY ALSO LIKE