Mike Pence Tiba di Pangkalan AS Dekat Perbatasan Korea Utara Wapres AS Mike Pence melihat ke arah utara dari pos pengamatan di zona demiliterisasi yang memisahkan dua Korea di Paju, Korea Selatan, Senin (17/4). (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji)

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence tiba dengan helikopter di sebuah pangkalan militer AS di Korea Selatan, yang bersebelahan dengan DMZ perbatasan dengan Korea Utara, Senin (17/4). Kedatangan Pence tersebut sehari setelah Korea Utara meluncurkan peluru kendali.

Peluncuran peluru kendali Korut saat Pence melakukan perjalanan ke Seoul, tempat pertama yang disinggahinya dalam tur Asia empat negara. Peluncuran itu gagal meledak dengan sempurna.

Zona demiliterisasi (DMZ) adalah wilayah dengan lebar empat km dan sarat akan ranjau darat dan kawat berduri yang membelah Semenanjung Korea hampir tepat separuhnya.

Pence, yang ayahnya bertugas di Perang Korea 1950-1953, mengatakan bahwa ia dengan rendah hati berada di DMZ dan memuji kerja sama dengan Korea Selatan.

"Ini merupakan bukti ikatan tak tergoyahkan antara kita," katanya.

Amerika Serikat, sekutu-sekutunya, dan Tiongkok bekerja sama dalam memberikan tanggapan atas uji coba peluncuran peluru kendali balistik terbaru Korea Utara yang gagal meledak dengan sempurna. Demikian sebuah pernyataan dari penasehat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump pada Minggu (16/4) kemarin.

Sumber: ANTARA



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH