Mie Aceh Si Legendaris dari Serambi Mekkah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 24 Desember 2016
Mie Aceh Si Legendaris dari Serambi Mekkah
Mie aceh. (Foto: Instagram/randi.putra347)

MerahPutih Kuliner - Aceh menyimpan seribu rahasia kuliner. Pernah dengar mie aceh? Tentu tak asing lagi bagi kamu pencinta mie nusantara. Rasanya yang tak ada dua menunjukkan betapa kaya kuliner Bumi Serambi Mekkah.

Provinsi paling paling timur Indonesia itu telah terkenal akan kekhasan kuliner seperti daerah tetangganya Sumatera Utara atau Sumatera Barat. Rasa pedas dan kekentalan campuran rempahlah yang membuat pecinta kuliner selalu memperbandingkan mana yang lebih lezat dari kuliner ketiga provinsi itu.

Mie aceh hanya sebutan kuliner berbahan mie dari Aceh untuk orang luar. Di Aceh sendiri, warganya menyebut dengan mie "biasa" atau mie tepung. Mie aceh dibawa oleh para perantau Aceh terutama yang datang ke kota-kota besar. Rasanya, tak sulit untuk menemukannya di kota-kota besar.

Mie aceh. (Foto: Instagram/sherlieesetiawan)
Mie aceh. (Foto: Instagram/sherlieesetiawan)

Mie aceh punya rasa khas. Rasa rempah menyerap dalam setiap biji mie. Ada dua macam mie ini, yaitu mie basah dan mie kering. Mie keringlah yang biasanya menjadi primadona. Capuran irisan daging sapi sangat cocok dengan rasa mie aceh yang lezat.

Kekuatan rasanya terutama dari bumbu tumbuk khas mie aceh. Bahan bumbu tumbuk itu bisa berbeda dari satu pedagang dengan pedagang lain. Tapi soal rasa, hampir semua pedagang asli Aceh punya kesamaan, rasa hangat dan bumbu yang menyerap dalam lidah. Rasa pedas yang panas juga menjadi ciri khasnya.

Bumbu mie aceh ini konon semakin disimpan lama semakin menimbulkan rasanya semakin menguat. Bukan basi, lho... Bumbu mie aceh ini bisa tahan hingga berhari-hari, bahkan berminggu tergantung kemampuan si pembuat. Tapi sekali lagi, bumbu tumbuk ini menjadi resep rahasia bagi pecinta rasa khas Aceh. Konon, masing-masing tangan orang Aceh punya rasanya sendiri.

Mie aceh. (Foto: Instagram/randi.putra347)
Mie aceh. (Foto: Instagram/randi.putra347)

Mie aceh bikin ketagihan kalau sudah mencobanya. Tak salah warung mie aceh punya pelanggan tetap. Mie aceh disajikan dengan kerupuk emping dan taburan bawang goreng. Ada satu lagi ciri khasnya, mie aceh punya taburan khas yaitu irisan ketimun dan bawang merah yang jadi manisan. Bawang merah menjadi penetral pas setiap sendokan mie aceh yang kamu makan.

Kuliner mie aceh lain bisa dicicip di sini Berburu Kuliner Malam di Warkop Mie Aceh Sigli Jaya Citra Raya

#Mie Aceh #Kuliner Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan