Mesir Resmi Tampilkan Patung Ramses II Seberat 75 Ton Sejumlah pekerja saat patung yang mungkin dihormati Ramses II, memerintah Mesir 3000 tahun lalu, diangkat di wilayah Matariya, Kairo, Mesir, Senin (13/3). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Mesir meresmikan patung granit raksasa Ramses II setelah menyelesaikan pemugarannya. Ramses II merupakan firaun kuno paling kuat dan terkenal.

Patung itu berdiri setinggi 11 meter dengan berat 75 ton, ditampilkan dalam upacara di Kuil Luxor, tepi sungai Nil pada Selasa (18/4) malam. Ketika ditemukan antara 1958 hingga 1960, patung itu terpisah dalam 57 bagian.

Ramses II juga dikenal sebagai Ramses Agung atau Ozymandias, memerintah lebih dari 3.000 tahun lalu. Ia memimpin beberapa gerakan militer dan memperluas Kekaisaran Mesir hingga terbentang dari Suriah di utara sampai Nubia di selatan.

Patung itu ditampilkan hanya beberapa jam setelah arkeolog meresmikan makam bangsawan berasal dari masa lebih dari 3.000 tahun lalu. Serangkaian penemuan baru tersebut diharapkan menghidupkan kembali pariwisata Mesir yang dilanda keguncangan politik.

"Yang kami senang adalah bahwa jumlah wisatawan tertarik ke Mesir kuno, Luxor, Aswan, pesiar sungai Nil kembali ke tingkat normal," kata Hisham El Demery, Kepala Dinas Pembangunan Pariwisata Mesir.

Namun, serangan yang diklaim IS pada Selasa, di dekat Biara St Catherine-salah satu tempat kristen paling penting di dunia-menghidupkan kembali kekhawatiran bagi pariwisata di sana. Serangan itu menyebabkan seorang polisi tewas dan empat lagi luka-luka.

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE