Property Home Lifestyle

Menyulap Kontainer Sebagai Hunian Modern

Menyulap Kontainer Sebagai Hunian Modern

Pasti Rumah Kontainer masih sangat banyak belum dikenal. Pasalnya, kebanyakan rumah dibangun secara permanen dan menetap di suatu tempat.

Namun, beberapa tahun terakhir sebagaian orang mencoba untuk memodifikasi kontainer atau peti kemas menjadi sebuah rumah, cafe, dan restauran. Saat ini sebagaian masyarakat di Indonesia sudah menggunakan Kontainer menjadi tempat tinggal.

Berikut ini cara memhuat rumah kontainer sedehana, pertama yang harus diperhatikan adalah memperhitungkan ruangan apa saja yang aka nada didalam modifikasi rumah container. Dengan demikian, bisa menempatkan posisi ruangan yang tepat dalam kontainer yang akan dikerjakan nanti. Karena container memiliki ukuran yang terbatas, maka kita harus sepintar mungkin untuk bisa membagi ruangan demi ruangan.

Rumah kontainer (Istimewa)
Rumah kontainer (Istimewa)

Setelah ukuran dan luas ruangan sudah ditentaukan, lalu kita persiapkan ukuran atau type container yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya untuk kontainer yang ada di kota-kota besar di Indonesia atau yang berdekatan dengan pelabuhan seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, Bali, Pontianak, Sulawesi dan tempat-tempat lainnya, hanya tersedia container dengan ukuran 2 type yaitu container 20 feet atau container 40 feet.

Keduanya memiliki lebar 2.4 meter dan tinggi 2.5 meter, namun untuk yang berukuran 20 feet maka panjangnya adalah 6 meter dan untuk ukuran 40 feet panjangnya adalah 12 meter. Kedua ukuran container tersebut bisa digunakan untuk membangun rumah container, namun untuk membangun sebuah rumah biaya kita membutuhkan lebih dari satu kontainer agar bisa mendapatkan luas yang cukup.

Selanjutnya membuat pondasi yang kuat untuk menopang tempat berdirinya kontainer agar tidak bersentuhan secara langsung dengan tanah atau lantai, gunakan agar container bagian bawah bisa lebih tahan lama.

Rumah kontainer (Istimewa)
Rumah kontainer (Istimewa)


Tempatkan container sesuai dengan pondasi yang sudah ditentukan lokasinya dengan mengguanakan alat berat sebagai alat untuk menempatkan container tersebut diatas pondasi. Sebagai saran demi kenyamanan, ikatkan keempat titik bagian bawah container pada pondasi tujuannya adalah guna memperkuat kedudukan pondasi bila ada goncangan.

Buatlah sketsa pada bagian dinding container sesuai dengan layout rumah container yang akan dibanguan dan ukuran yang ada, yang nantinya akan dipotong dengan alat mesin las untuk menempatkan posisi rangka pintu, jendela, exhaust, electrical dan lain sebagainya.

Rumah kontainer (Istimewa)
CaptionRumah kontainer (Istimewa)


Sesudah itu, membangun sisi dalam rumah container. Biasanya disisipkan glasswall atau peredam panas lainnya lalu dipasangkan rangka dengan hollo alumunium dan finishing dengan playwood. Dimana hal itu semua, selain berfungsi untuk keindahan juga berfungsi untuk menjaga kondisi ruangan agar tetap nyaman. Jangan lupa bahwa kita juga perlu menambahkan instalasi listrik yang berfungsi sebagai penerangan dan juga kegunaan lainnya.

Untuk sisi bagian kamar mandi dalam rumah container, bisa juga dipasang intalasi input dan output pipa air. Perlu juga diperhatikan sisi kerapihan agar air tidak bocor kebagian dalam ruangan kamar tidur atau ruang lainnya.

Pada bagian atap mungkin bisa menambahkan atap rumah seperti umumnya, atau jika ingin desain yang lebih modern maka lebih baik jika atap kontainer dibiarkan seperti apa adanya.

Setelah ruangan dan masalah pipa selesai kita bisa mulai menghias bagian dalam rumah. Masukkan berbagai furniture yang dibutuhkan seperti sofa untuk ruang tamu, meja makan, tempat tidur, kursi dan lain sebagainya. Perlu ditambahkan beberapa hiasan dinding agar terlihat seperti rumah konvensional atau minimalis.

Sebagai keindahan exterior dari rumah container, sebaiknya diberi tanaman penghijauan beberapa pohon atau bunga hias di bagain depan atau sudut rumah container, agar tampak sejuk dan asri.

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami