Menu Nikmat, Turunkan Berat Ilustrasi (Foto: Gettyimages)

Kebanyakan orang beranggapan jika ingin memiliki tubuh dan berat badan yang ideal itu hanya bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kurang enak. Padahal, ada lho beberapa jenis makanan enak yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan Anda!

Berikut 5 sajian nikmat untuk tubuh lebih sehat dan ideal.

1. Apel

Anda yang sering menjalani program diet pasti sudah tahu jika apel menjadi salah satu menu yang wajib dikonsumsi. Apel mengandung kadar antioksidan dan serat yang tinggi dengan khasiat serta manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian, kadar antioksidan dan serat yang tinggi pada buah apel terbukti bisa mengatasi berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, prostat, dan paru-paru.

Selain itu, apel juga bisa mengirimkan sinyal bahwa tubuh telah memakan sesuatu yang subtansial dan tidak membutuhkan makanan lainnya. Dengan demikian, keinginan untuk mengonsumsi makanan lainnya akan berkurang. Karena itulah buah apel memiliki peranan besar dalam membantu mengontrol berat badan.

2. Cokelat panas

Siapa bilang cokelat tidak bisa dikonsumsi saat menjalani program penurunan berat badan? Cokelat panas ternyata telah terbukti dapat menurunkan berat badan secara cepat. Pada setiap cangkir cokelat panas terkandung banyak antioksidan yang berperan besar untuk menurunkan hormon penyebab lemak dalam tubuh, yakni hormon kartisol.

Saat kartisol tumbuh dalam jumlah besar, lemak di tubuh akan meningkat pesat, sehingga peningkatan berat badan akan menjadi tidak terkendali. Sebaliknya, saat jumlah karsitol berkurang, jumlah lemak di tubuh pun akan ikut terkikis, sehingga berat badan juga akan berkurang dengan cepat.

3. Telur dan sosis

Telur dan sosis menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, mungkin termasuk bagi Anda yang sedang menjalani diet ketat. Tidak perlu berpuasa telur dan sosis, karena ternyata dua makanan ini bisa Anda konsumsi meskipun sedang diet.

Berdasarkan pantauan para ahli kesehatan, kedua jenis makanan ini terbukti dapat membantu mengurangi bobot tubuh Anda dengan cepat dan aman. Hal itu terjadi karena di dalam telur dan sosis banyak terkandung protein yang membuat perut Anda lebih mudah kenyang, sehingga selera makan Anda yang tinggi akan berkurang secara drastis.

Anda bisa menjadikan telur dan sosis sebagai menu makan utama saat sarapan di pagi hari, juga menu malam hari.

4. Kacang-kacangan

Salah satu menu bagi yang sedang menjalani program diet adalah kacang-kacangan, yang memiliki biji dengan ukuran lebih besar dibandingkan sereal.

Kacang-kacangan dipercaya dapat menurunkan berat badan karena di dalamnya banyak terkandung serat pangan yang terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar kolestrol di dalam darah. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan protein, karbohidrat kompleks, asam folat, dan zat besi. Semua zat tersebut diketahui memiliki peranan besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Nah, salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan ialah kacang badam atau almond. Karena saat mengonsumsi kacang ini Anda akan merasa perut Anda selalu kenyang, selera makan Anda pun menjadi berkurang.

5. Sayur sop

Sayur sop menjadi salah satu menu makanan banyak orang. Selain rasanya yang enak, apalagi disantap selagi hangat, sayur sop juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda terutama untuk menurunkan berat badan.

Pada sayur sop terkandung banyak zat yang dapat mengikis lemak dalam tubuh. Sayur sop juga akan secara otomatis mengurangi porsi makan Anda yang berlebihan karena kuahnya membuat perut Anda lebih mudah kenyang, sehingga berat badan pun tetap terjaga stabil.

Lihat tips kesehatan lainnya juga di sini: 5 Manfaat Mandi Air Dingin.



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH