Menjelajahi Pusat Kerajinan Batik di Kulonprogo Desa Wisata Batik Gulurejo. (MP/Fredy Wansyah)

Sentra perajin batik di Yogyakarta tentu tertuju pada Imogiri. Di sini memang dikenal sebagai pusatnya desa wisata kerajinan batik. Namun, selain Imogiri, Kecamatan Lendah, Kulonprogo juga menjadi sentra perajin batik di Yogyakarta.

Tepatnya berada di Desa Gulurejo, Lendah, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari pusat keramaian Bantul, karena terletak di tak jauh dari perbatasan Bantul-Kulonprogo. Dari Kota Yogyakarta bisa menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Desa ini telah menjadi desa wisata kerajinan batik. Di sini wisatawan akan diajak mengenali cara melakukan pembatikan, dari awal hingga proses akhirnya. Tidak hanya itu, ada pula showroom untuk mengenalkan motif-motif batik, khususnya batik khas Yogyakarta dan Kulonprogo itu sendiri.

Batik yang diproduksi pun beraneka ragam, mulai dari motif batik klasik hingga motif kontemporer. Satu motif batik andalan di sini ialah motif geblek. Motif ini merupakan motif khas Kulonprogo, yang kini ramai direkomendasikan pelaku usaha batik ke industri nasional.

Wisatawan di sini akan disuguhi pemandangan puluhan perajin melakukan pembatikan. Terdapat puluhan perajin yang aktif membatik saban harinya. Dengan ramah pula, para perajin akan mengajarkan proses pembatikan dengan baik dan benar.

Setelah belajar dan menjelajahi dunia perbatikan, Desa Wisata Gulurejo juga menyediakan hasil produksinya untuk dijual. Harganya bervariasi. Mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah. Harga tergantung bahan dan motif. Semakin rumit motifnya yang dibuat di atas kain terbaik, tentu harga pun akan sangat mahal. (Fre)

Berita terkait lainnya bisa dibaca juga di Bulan Depan, Kampung Langenastran Adakan Batik and Batok Night


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH