Menhub: Tol Laut dan Udara Bisa Menekan Harga Barang

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 05 Maret 2017
Menhub: Tol Laut dan Udara Bisa Menekan Harga Barang
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri) di Jakarta, Minggu (5/3). (MP/Dery Ridwansyah)

Kementerian Perhubungan sedang berjuang bersama kementerian terkait guna mempercepat program pemerataan pembangunan di daerah Papua.

Salah satu yang dilakukan adalah membangun sejumlah tol laut dan tol udara, termasuk bandara dan pelabuhan. Hal ini dilakukan untuk menekan harga barang di provinsi tersebut.

"Untuk menekan harga barang, kita akan intensifkan pembangunan tol laut dan udara," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat gelar diskusi "Pemerataan di Papua" di Jakarta, Minggu (5/3).

Budi menjelaskan akan segera membangun delapan bandara untuk mensukseskan tol udara. Selain menggalang transportasi sungai di sana.

"Jika tol laut kurang maksimal kita akan bangun tol udara untuk menjangkau daerah pegunungan hingga ke kecamatan," ujarnya.

Sebelumnya, selain membangun tol udara dan laut, Kemenhub juga telah membangun "rumah kita". "Rumah kita" berfungsi sebagai lumbung penampung logistik.

Selain itu, rumah kita difungsikan untuk menunjang tol laut agar pengiriman barang lebih cepat dan efisien.

"Tentunya ini akan mengurangi perbedaan harga yang mencolok dengan di daerah-daerah lainnya. Selain itu, rumah kita akan lebih memudahkan pengiriman barang ke daerah terpencil," tuntasnya. (Fdi)

Untuk berita lain terkait tol laut, bisa dibaca di sini: Jokowi: Tol Laut Dapat Menekan Anggaran Negara

#Program Tol Laut #Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan