Mengunyah Pelan Bikin Langsing? Menguyah secara perlahan membuat tubuh Anda kenyang lebih cepat, sehingga mengurangi porsi makan Anda. (Foto: Freeimages)

Selalu ada "mitos" jika berbicara tentang menurunkan berat badan. Salah satu yang dianggap mitos adalah bahwa tubuh Anda bisa langsing jika mengunyah makanan dengan pelan. Kelihatannya terlalu mudah, sehingga banyak orang yang tidak memercayai hal ini. Pada kenyataannya, mengunyah pelan memang bisa membuat tubuh Anda langsing, lho! Bahkan ada ahli yang menyarankan untuk mengunyah makanan lembut 5-10 kali dan makanan keras hingga 30 kali sebelum ditelan.

Sebenarnya, yang membuat Anda langsing adalah ketika mengunyah makan dengan pelan, nafsu makan Anda menjadi terkontrol. Jika terburu-buru saat mengunyah, tubuh akan selalu merasa lapar, padahal Anda sudah makan beberapa kali. Hal ini disebabkan oleh dua hormon dalam tubuh yang bisa memberikan sinyal kenyang, yaitu peptide-1 dan peptide YY. Keduanya akan memberikan sinyal kenyang lebih cepat pada tubuh jika Anda mengunyah perlahan.

Sebuah studi menunjukkan, mengunyah makanan dengan pelan bisa mengurangi kalori yang diasup. Hal ini diperkuat dalam studi tahun 2008 yang dimuat di "The Journal of The American Dietic Association". Studi tersebut menjelaskan bahwa orang yang mengunyah makanan dengan pelan, asupan kalorinya berkurang sebanyak 10% dari orang yang mengunyah cepat.

Penelitian lain juga mengungkapkan, mengunyah pelan bisa membakar kalori tubuh lebih banyak saat proses mencerna makanan. Hal ini memang menjelaskan bahwa pembakaran lebih akan terjadi jika proses pengunyahan makanan dilakukan secara perlahan. Namun, mengunyah perlahan hanya faktor kecil dalam melangsingkan tubuh. Anda tetap harus mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur agar proses melangsingkan tubuh menjadi lebih sempurna.

Baca juga artikel Ingin Miliki Tubuh Langsing dalam Hitungan Hari, Lakukan Hal Ini.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH