Mengintip Potensi Wisata Kota Kelahiran Kartini (Foto: hargatiketmurah.com)

Saat menyebut Jepara, kemungkinan besar Anda akan teringat dengan R.A. Kartini. Ya, daerah yang berada di Jawa Tengah itu memang merupakan tempat kelahiran Kartini. Jepara juga identik dengan seni ukir kayunya. Ukiran Jepara bahkan sudah diakui oleh seluruh pelosok Nusantara hingga penjuru dunia. Namun, di balik itu semua ternyata Jepara juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan libur akhir pekan ini, Jepara mungkin bisa menjadi pilihan. Wilayah yang langsung berbatasan dengan Laut Jawa di barat ini memiliki keindahan pantai yang sangat eksotis, belum lagi keindahan alam lainnya yang sangat pantas Anda datangi. Ingin tahu tempat wisata apa saja yang ada di Jepara?

Taman Nasional Karimunjawa

liburanmurah.wagomu.id
liburanmurah.wagomu.id

Lokasi pertama adalah Karimunjawa. Tentunya Anda tahu tempat wisata ini. Pasalnya, lokasi yang berjarak 83 km dari barat laut kota Jepara ini sangat hits bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain keindahan lautnya, tempat ini sangat instagramable.

Kepulauan yang memiliki 22 pulau ini memiliki 'permainan' air yang cukup seru jika Anda datang bersama keluarga seperti menyelam, snorkeling, memancing hingga berenang. Namun yang menjadi keunggulan di Karimunjawa adalah pesona biota lautnya karena memiliki lebih dari 90 jenis kerang keras, 242 jenis ikan hias hingga 133 genera akuatik.

Pantai Kartini

matajatim.com
matajatim.com

Bagi yang ingin bersantai-santai di pantai, mungkin pantai Kartini bisa jadi pilihannya. Selain hamparan pasir putihnya, pantai Kartini juga memiliki berbagai wahana mulai Kura-kura Ocean Park, Catur Raksasa, Kolam Kecek, wave house, rumah bajak laut, bianglala, kapal pesiar mini hingga Tugu Kartini.

Dinamakan pantai Kartini lantaran RA Kartini sering bermain ke pantai tersebut bersama keluarganya. Hingga akhirnya pemerintah setempat memberikan nama pantai Kartini untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita di Indonesia itu. Lokasinya pun tidak jauh, hanya sekitar 3 km dari kota Jepara.

Museum RA Kartini

http://rembangfokus.blogspot.co.id/
rembangfokus.blogspot.co.id

Tentu tak lengkap rasanya bila datang ke Jepara namun tidak mengunjungi museum ini. Berlokasi di utara alun-alun kota, museum ini memiliki banyak peninggalan mendiang Kartini mulai dari benda koleksi, foto-foto kakak kandung hingga benda purbakala di jaman Ratu Shima, raja penguasa kerajaan Kalijaga, kala itu.

Selain itu di museum ini Anda juga bisa melihat kerangka ikan raksasa sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton. Ikan tersebut ditemukan di pulau Karimunjawa dalam keadaan mati tahun 1989.

Air Terjun Songgo Langit

piknikasik.com
piknikasik.com

Potensi wisata Jepara ternyata bukan hanya pantai saja. Di Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau kira-kira 30 m dari utara kota Jepara Anda bisa menemukan air terjun bernama Songgo Langit. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan lebar 2 meter.

Nama Songgo Langit konon didapat karena jika dilihat dari bawah, air terjun itu seolah-olah tampak sedang menyangga langit. Selain itu, ada juga kisah masyarakat setempat yang mengatakan jika air terjun Songgo Langit ditunggu oleh sepasang suami istri yang ikut menjaga keindahan alamnya

Benteng Portugis

Lihat.co.id
Lihat.co.id

Bagi Anda yang ingin mengajak keluarga belajar sejarah di Jepara tentunya jangan hanya mengajak ke Museum RA Kartini. Di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Anda bisa menemukan bangunan yang menjadi saksi sejarah Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing yakni sebuah benteng, bernama Benteng Portugis.

Berdasarkan sejarah benteng ini dibangun oleh orang portugis yang membantu kerajaan Mataram untuk melawan VOC di sekitar tahun 1600an. LOkasi benteng ini terletak di pinggir laut, sehingga jika Anda menghadap ke utara, Anda akan melihat pulau Mondoliko, terdapat pula pemandangan bukit dan sedimen batu unik.

Jepara Ocean Park

http://wisata-tanahair.com/
wisata-tanahair.com

Objek wisata ini memang tergolong baru. Meski demikian bukan berarti Jepara Ocean Park tidak cocok menjadi pilihan untuk Anda menghabiskan waktu berlibur. Apalagi wahana hiburan ini merupakan waterpark terbesar di Jawa Tengah dengan luas 11 Ha.

Setidaknya ada 36 wahana seluncur yang bisa Anda nikmati. Ada pula banana boat, jet ski dan watersport yang dijamin menambak keseruan liburan Anda bersama keluarga. Lokasi Jepara Ocean Park berada di dekat pusat kota Jepara atau sekitar 6 km dari pusat kota.

Sahabat Merahputih, itulah enam objek wisata yang bisa Anda kunjugi saat akhir pekan bersama keluarga.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Barusen Hills, Taman Romantis untuk Lamar Pasangan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE