Mengenang 109 Tahun Komponis Wanita Indonesia, Ibu Soed Google pasang doodle Saridjah Niung alias Ibu Soed (Screenshot google.co.id)

Hari ini, Minggu 26 Maret 2017 menjadi perayaan hari lahirnya salah satu tokoh yang berperan penting di dunia musik Indonesia, Saridjah Niung Bintang Soedibio atau yang lebih dikenal dengan Ibu Soed yang ke-109.

Ibu Soed lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 26 Maret 1908. Sebagai seorang pencipta lagu legendaris, Ibu Soed telah menciptakan kurang lebih 200 lagu anak-anak yang dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia.

Beberapa lagu yang sampai saat ini masih sering kita dengar adalah Berkibarlah Benderaku, Bendera Merah Putih, Hai Becak, Nenek Moyangku, Desaku, Kupu-Kupu Yang Lucu dan masih banyak lagi.

Masa taman kanak-kanak dan sekolah dasar tahun 70-80-an adalah masa keemasan lagu-lagu Ibu Soed. Hampir setiap anak di tanah air hafal lagu karya Ibu Soed.

Tokoh pemusik tiga zaman, yaitu pada zaman Belanda, Jepang dan Indonesia, ini pertama kali mengumandangkan suaranya di radio NIROM Jakarta pada tahun 1927 silam.

Saridjah Niung lahir sebagai putri bungsu dari dua belas orang bersaudara. Ayah kandung Saridjah adalah Mohamad Niung, seorang pelaut asal Bugis yang menetap lama di Sukabumi, kemudian menjadi pengawal J.F. Kramer.

Selepas mempelajari seni suara, seni musik dan belajar menggesek biola hingga mahir dari ayah angkatnya, Saridjah melanjutkan sekolahnya di Hoogere Kweek School (HKS) Bandung untuk memperdalam ilmunya di bidang seni suara dan musik.

Setelah tamat, ia kemudian mengajar di Hollandsch-Inlandsche School (HIS). Dari sinilah titik tolak dasar Saridjah untuk mulai mengarang lagu. Pada tahun 1927, ia menjadi Istri Raden Bintang Soedibjo, dan emudian dikenal dengan panggilan Ibu Soed, singkatan dari Soedibjo.

Ibu Soed juga dikenal piawai dalam seni batik. Atas karya dan pengabdiannya, Ia menerima penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari pemerintah Indonesia dan MURI. Ibu Soed tutup usia pada tahun 1993, di usia 85 tahun.

Di media sosial khususnya Twitter, perayaan hari ulang tahun Ibu Soed disambut antusias oleh banyak netizen. Hal itu terlihat dari nama Ibu Soed yang masuk dalam deretan trending topic di Twitter hari ini. Selain itu, peringatan hari jadi Ibu Soed yang ke 109 juga dirayakan oleh google doodle yang menampilkan gambar animasi seorang perempuan sedang mengajarkan anak-anak bernyanyi, dimana perempuan yang dimaksud adalah Ibu Soed.

Untuk mengikuti artilek lainnya terkait Ibu Soed, baca juga: Lagu-Lagu Populer Ibu Soed Yang Sudah Mulai 'Sayup' Terdengar



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE