Mengenal Legenda Banten Syeikh Abdullah Anggadirepa

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 09 Februari 2017
Mengenal Legenda Banten Syeikh Abdullah Anggadirepa
Makam Ki Abullah Anggadirepa (MP/Sucitra)

Ki Abdullah Anggadirepa, tidak banyak yang mengetahui sosoknya sebagai salah satu tokoh dalam perlawanan kesultanan Banten terhadap VOC. Merahputih.com, melacak jejak Ki Abdullah Anggadirepa, Rabu (8/2) di Kampung Drangong Kelurahan Curug Manis Kecamatan Curug Kota Serang.

Tidak mudah menemukan jejak yang terletak di sisi tenggara Kota Serang tersebut karena posisinya berada ditengah-tengah lahan pesawahan, dan harus menjelajahi jalanan berliku dengan kualitas infrastruktur jalan buruk, meski masuk wilayah administratif kota Serang, namun suasananya lebih tepat disebut perkampungan.

Di lokasi peninggalan Ki Abdullah Anggadirepa, merahputih.com bertemu dengan Muhammad Nur, seorang Kiyai yang keberatan dipanggil Kiyai. Darinya cerita mengenai Ki Abdullah Anggadirepa didapat.

Menurutnya, Ki Abdullah Anggadirepa adalah sosok ulama sekaligus jagoan yang heroik dalam perlawanan terhadap VOC di abad-17. Ia menyebutnya sebagai pahlawan, barangkali itulah mengapa makamnya dibungkus bendera merah putih, begitu pula kibaran bendera merah putih di setiap sudut kompleks pemakamannya.

Ceritanya berawal ketika VOC memuat harta benda kesultanan Banten untuk dibawa ke Eropa, sang ulama diperintah oleh sultan Banten (tidak diketahui sultan yang mana) untuk merebut kembali harta benda dalam kapal yang tengah berada di perairan Banten tersebut. Ki Abdullah Anggadirepa kemudian, menyusul kapal di tengah lautan tersebut dan berhasil menguasainya.

Tidak disebutkan apakah Ki Abdullah menyusul menggunakan sampan, kapal, atau dengan cara-cara lain, tetapi cerita berikutnya menunjukan bahwa kisah sang legenda lebih kepada soal-soal supranatural dibandingkan hal logis, misalnya tentang bagaimana kemudian kapal tersebut dibawa dari tengah lautan, menuju titik yang lokasinya kini di Kampung Drangong Kelurahan Curug Manis Kecamatan Curug Kota Serang.

Masjid Kapal Bosok
Masjid Kapal Bosok (MP/Sucitra)

"Ada dua versi yang menceritakan bagaimana kapal itu beliau pindahkan dari tengah lautan kesini," katanya.

Versi pertama menyebut bahwa sang legenda menarik kapal VOC menggunakan tasbih, sedangkan versi kedua menyebut beliau menaiki kapal, lalu mendayung menggunakan isyarat sampai ke bibir pantai utara Banten. Sampai bibir pantai dengan isyarat pula ia menaikan air laut ke daratan agar perahu dapat terapung, ia terus mendayung sampai akhirnya kapal sampai di lokasi yang kini menjadi kompleks makam keramatnya.

Sampai di lokasi tersebut harta benda diamankan untuk diserahkan kepada sultan Banten, sedangkan kapalnya dipukul menggunakan tongkat yang beliau pegang, akibat pukulan itu menyebabkan kapal laut VOC yang indah itu berkarat dan buruk rupa, karenanya mayarakat setempat menyebutnya Kapal Bosok (Kapal Buruk).

Kini, Muhammad Nur membangun monumen "Kapal Bosol" dengan tenaga para santrinya sendiri, tanpa keahlian desain arsitektur apalagi teknik sipil, mereka lakukan apa yang mereka mampu lakukan, dan mengerjakan apa yang bisa mereka kerjakan, hingga bangunan yang pekerjaannya dimulai sejak 2014 itu, tidak lama lagi akan selesai.

"Insya Allah, bulan 7 (Juli) tahun ini sudah selesai," katanya mengungkapkan targetnya.

Ia juga mengaku sempat dikira gila oleh masyarakat setempat, karena kawasan makam Sang Ulama itu dikenal sebagai tempat yang tidak bisa dibangun. Tercatat mantan bupati Serang Bunyamin membangun kompleks makam yang dikeramatkan itu, namun bangunannya roboh. Selain itu, pihak Pangdam Siliwangi yang menilai bahwa Ki Abdullah Anggadirepa juga pernah membangun di era 70-an, namun selalu roboh.

"Jaman (Tb Chaerul Jaman; Walikota Serang) sendiri pernah datang dan menawarkan bantuan keuangan, tetapi berdasarkan isyarah (dari Ki Abdullah Anggadirepa) kami tolak" katanya.

Tulisan ini berdasarkan liputan Sucitra De, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Banten dan sekitarnya.

#Ki Abdullah Anggadirepa #Jawara Banten #Kapal Bosok #Makam Belanda
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan