Mengenal Inge Lehmann

Fadhli Fadhli - Rabu, 13 Mei 2015
Mengenal Inge Lehmann
Foto: amnh

MerahPutih Sains - Google kembali menghadirkan doodle khusus hari ini (13/5). Kali ini Google memperingati hari kelahiran Dr. Inge Lehmann yang merupakan seorang seismolog asal Denmark.

Inge Lehmann berulang tahun pada hari ini terlahir di Denmark tahun 1888 dan meninggal pada tanggal 21 Februari 1993, itu berarti Inge meninggal di usianya yang ke-104 tahun. Inge Lehmann merupakan seorang seismologis pertama dan satu-satunya di Denmark saat itu.

Lehmann adalah pelopor di antara perempuan dan ilmuwan. Pendidikan awalnya di sebuah sekolah mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Sangat kontras dengan pemikiran masyarakat Denmark kala itu.

Ambisinya sempat diprotes oleh keponakannya, Niles Groes, “anda harus ingat tahu berapa banyak orang yang tidak kompeten aku harus bersaing dengan-sia-sia." Namun begitu, Lehmann tetap bersikeras dengan ambisinya.

Sebagai seorang pemikir kritis dan mandiri, Lehmann kemudian menetapkan dirinya sebagai seismologis pada otoritas struktur mantel atas. Dia melakukan penelitian yang luas di berbagai negara. Manfaat luas dari penelitiannya adalah juga bisa digunakan untuk mendeteksi ledakan nuklir rahasia.

Atas penelitiannya ini, Lehmann menerima medali William Bowie pada tahun 1971, penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union. Ia digambarkan sebagai "master seni hitam dimana sejumlah sistem komputerisasi tidak mungkin menggantikannya secara lengkap.”

 

Baca juga:

Doodle Google untuk Inge Lehmann

Harta Karun Kapten Kidd Ditemukan

Madagaskar Gembira Atas Harta Kapten Kidd

Terungkap Asal Kapal dan Harta Kapten Kidd

Siapa Kapten Kidd?

#Doodle Google #Inge Lehmann
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan