Mengapa Berat Badan bisa Naik Drastis? Ilustrasi (Foto: Watchfit.com)

Masalah berat badan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu, bagi kaum wanita khususnya. Dan jangan heran jika berat badan seseorang bisa naik secara drastis. Apakah Anda tahu apa saja penyebabnya? Ternyata bukan cuma karena asupan makanan yang terlalu banyak lho! Simak 5 penyebabnya berikut ini.

1. Stres

Setiap orang pasti sering mengalami stres, entah itu karena pekerjaan atau masalah pribadi. Tanpa Anda sadari, tubuh Anda ketika stres akan mengeluarkan hormon kartisol yang tidak terkontrol, sehingga nafsu makan Anda akan meningkat secara drastis dan membuat berat badan akan langsung naik.

2. Usia

Mungkin Sahabat Merahputih sering memperhatikan jika banyak orang yang sudah berusia lanjut atau umumnya 40 tahun ke atas memiliki bobot tubuh tidak ideal. Hal itu disebabkan oleh pembakaran kalori dalam tubuh yang mulai berkurang karena aktivitas tubuh tidak seperti dulu lagi, saat usia mereka masih muda.

Kondisi itulah yang menjadi penyebab naiknya berat badan secara drastis, apalagi jika orang berusia lanjut tersebut tidak mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Meskipun glukosa pada gula merupakan salah satu asupan makanan yang harus dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat untuk menghasilkan tenaga, gula juga mengandung fruktosa. Kebanyakan dari fruktosa yang kita makan akan diolah oleh hati hingga akhirnya diubah menjadi lemak.

Di Indonesia sendiri banyak sekali ditemukan pasien penderita obesitas atau kegemukan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang didalamnya banyak mengandung gula. Baik itu makanan yang diolah sendiri ataupun makanan dan minuman instan.

4. Kondisi medis

Salah satu penyebab naiknya berat badan Anda secara drastis ialah karena kekurangan hormon tiroid, yang dikenal dengan hipotiroidisme. Penyebab dari gejala hipotiroidisme biasanya ditandai dengan terlalu banyak tidur dan tubuh sering merasa lemas dan lesu.

5. Mengonsumsi obat-obatan

Tanpa Anda sadari, ternyata terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Adapun obat-obatan yang ternyata menjadi pemicu naiknya berat badan itu, di antaranya obat hipertensi, sakit kepala, diabetes, dan masih banyak macam-macam obat lainnya.

Nah, sekarang Sahabat Merahputih sudah tahu kan apa penyebab naiknya berat badan secara drastis? Jangan lupa lhat juga informasi tentang kesehatan dan kecantikan lainnya di sini: 5 Manfaat Rutin Bangun Pagi.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE