Mengalami Gangguan Pencernaan atau Diare, Ini yang Harusnya Anda Konsumsi gettyimages

Gangguan pencernaan atau diare sangat menggangu aktivitas. Karena selain harus berulang kalu keluar masuk 'kamar kecil', semakin banyaknya keringat dingin yang keluar karena menahan rasa sakit yang melililit di dalam perut, akang menguras banyak energi, dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus memanjang hingga berminggu-minggu.

Nah, jika Anda mengalami hal seperti ini, berikut ini merahputih.com menyajikan beberapa makanan dan minuman yang seharusnya Anda dikonsumsi, untuk meredakan rasa mulas akibat diare. Apa saja kira-kira? Yuk, simak!

1. Yoghurt

Pertama adalahYoghurt. Mungkin banyak yang mengira kalau yoghurt dapat membuat perut semakin mulas dan menyebabkan diare. Namun ternyata salah. Yoghurt yang merupakan susu fermentasi ini mengandung banyak bakteri baik seperti bifidobacterium bidiful dan lactobacillus acidophilus yang dapat menyeimbangkan sistem saluran pada pencernaan.

2. Pisang

Mungkin sudah banyak yang tahu jika buah satu ini memang dapat melancarkan gangguan pada sistem pencernaan. Namun selain itu, pisang juga banyak mengandung potasium yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat mengalami diare.

3. Apel

Selain pisang, ada juga buah apel. Tekstur apel yang keras akan menyebabkan pencernaan semakin bekerja keras saat mengonsumsi apel pada saat diare. Buah yang juga mengandung potasium ini dapat mempercepat penyembuhan diare.

4. Teh Herbal

Mungkin beberapa makanan dan minuman yang mengandung herbal dipercaya juga dapat menyembuhkan seseorang ketika mengalami gangguan penyakit. Karena herbal sendiri terbuat dari bahan-bahan alami ataupun tradisional. Sebagai contoh teh chamomile. Teh herbal ini dapat menenangkan usus jika terserang diare. Selain itu juga menurunkan resiko radang pada usus, baik usus halus ataupun usus besar.

5. Oat

Dan yang terakhir ada Oat. Jika Anda menderita sakit perut yang mulas dan terasa melilit, cobalah mengonsumsi semangkuk gandum hangat dengan ditambahkan susu. Makanan ini kaya akan serat dan baik untuk menyembuhkan sakit perut.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat meredakan mulas dan dapat juga mengobati penyakit diare. Semoga bermanfaat ya, guys? Nah, selain artikel cara mengatasi diare, ada juga tips-tips lainnya, yuk baca di sini: Tips Jitu Atasi Rasa Malas Di 'Hari Kejepit'



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH