Menengok "Cahaya Surga" di Gua Gajah Dlingo

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 14 Februari 2017
Menengok
Goa Gajah Dlingo di Bantul, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta merupakan kawasan seribu wisata. Pasalnya, di sini ada begitu banyak objek wisata alam yang menawarkan pesona keindahan.

Jika Anda mengunjungi kawasan ini dan ingin mencari objek wisata ekstream, goa atau Gua Gajah Dlingo pilihannya. Di sini Anda dapat menelusuri bebatuan goa dengan pemandangan menawan.

Daya tarik Gua Gajah Dlingo ialah cahaya yang masuk melalui lubang goa di sisi barat. Warga sekitar menyebutnya dengan istilah "cahaya surga". Cahayanya memancarkan bentuk yang sangat menakjubkan. Karena posisinya di sisi barat, maka sebaiknya Anda wajib datang setelah pukul 12 siang. Pada jam tersebut posisi matahari mulai condong ke barat, sehingga pancaran cahayanya tampak utuh. Akan lebih baik jika cuacanya cerah.

Jarak pintu masuk dan keluar hanya sekitar 200 meter. Selain itu medannya juga dibilang mudah dilalui.Hanya saja perlu kehati-hatian, karena kondisi bebatuannya yang licin. Gua atau goa ini termasuk gua yang belum dikelola secara serius, sehingga banyak petunjuk wisatawan yang belum maksimal.

Suasana di tengah gua mirip dengan suasana hutan. Di tengah-tengah gua atau goa banyak ditemui kelelawar. Selain itu juga terdapat tanaman dan sebuah pohon besar yang menjulang keluar, menembus gua. Menurut paparan petugas setempat, pepohonan dapat tumbuh di dalam gua, karena gua ini pernah ambrol dulunya. Sehingga tidak adanya atap yang menghalangi, dan pohon pun dapat masuk, tumbuh dari dalam gua hingga sekarang.

Sebelum ke lokasi, Anda wajib membawa perbekalan medis, minuman maupun camilan ala kadarnya. Tak kalah pentingnya juga ialah handuk. Areal di dalam gua termasuk kawasan basah, sehingga mungkin saja Anda akan basah.

Asyiknya, masuk ke goa atau Gua Gajah tidak dipungut biaya sedikit pun. Hanya membayar biaya parkir Rp 2ribu untuk motor dan Rp 4ribu untuk mobil.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor atau reporter merahputih.com yang bertugas untuk wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.

#Pesona Indonesia #Wisata Yogyakarta #Goa Belanda
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan