Mendesain Ruangan Sempit Multifungsi Ruang multifungsi (Istimewa)

Keterbatasan ruang sempit pasti menjadi kendala utama bagi setiap keluarga. Namun, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan mendesain ruangan sempit menjadi multifungsi.

Konsultan Dast Arkitek Reza Kaedy mengatakan karena saat ini kebanyakan orang memiliki lahan terbatas tapi mereka bisa mendesain ruuangan dengan sangat efisien.

"Misalkan dalam satu ruangan sempait bisa digunakan beberapa macam kebutuhan. Pada siang hari kasur tersebut dapat dilipat ke dinding sehingga bisa berfungsi menjadi ruang keluarga atau ruang tamu. Ketika malam tiba bisa berfungsi sebagai ruang tempat tidur," kata Reza saat dihubungi merahputih.com, melalui sambungan telp, Senin (9/1).

Reza menganjurkan untuk mendesain ruangan sempit lebih banyak menggunakan bahan baku kayu jenis playwood. Karena playwood lebih ringan dan prkatis.

"Biasanya untuk mendesain ruangan seperti lebih cocok menggunakan bahan terbuat kayu agar lebih ringan dan praktis," tuturnya.

Beberapa tips dan trik mendesain ruangan sempit menjadi multifungsi:

  1. Kasur lipat dinding, Kamar tidur bisa di desain secara efisien, ketika siang hari kasur dilipat ke dinding dan pada siang hari bisa menjadi ruang tamu atau ruang keluarga.
  2. Tangga sekaligus tempat penyimpanan barang, dirancang menggunakan bahan playwood, sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang simppan berbentuk kabinet dan laci-laci. hal ini membuat ruangan tidak terlalu banyak barang.
  3. Ruang anak, memadukan antara tempat tidur pada bagian atas, meja belajar serta kabinet di bagian bawah. Cara seperti ini lebih efisien karena tempat tidur yang dibutuhkan relatif kecil dimensinya.
  4. Meja Makan Lipat, untuk merancang desain ruang makan bisa menggunakan meja makan lipat yang menempel pada dinding rumah agar lebih menghemat ruangan. Tinggal menata vas cantik, piring, sendok, garpu, dan gelas.

Tags Artikel Ini

John Abimanyu