Mendag Jamin Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kedua kiri) didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kiri) menghadiri Rapat Rakorwil TPID Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/4). (ANTARA FOTO/Didik S

Kementerian Perdagangan menjamin stok kebutuhan pokok menjelang Ramadhan 2017 sudah tercukupi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat melakukan lawatannya ke Pabrik Gula Madukismo Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jumat (21/4).

"Sampai saat ini, bahkan sampai dengan Juli 2017 kita meyakini stok bahan pokok tercukupi," kata Mendag.

Menurutnya, untuk beberapa komoditas bahan pokok sampai dengan September 2017 stok tercukupi sehingga masyarakat Indonesia dijamin tidak mengalami kekurangan bahan pokok selama puasa hingga Lebaran.

"Lebih dari cukup, harga juga terkendali," kata Menteri.

Dia mengatakan persediaan beras pemerintah berlebih, itu belum termasuk beras yang ada lumbung-lumbung milik kelompok tani di daerah penghasil bahan pokok itu.

"Beras kami berlebih, cadangannya lebih dari cukup, kemudian minyak goreng curah cukup dan saya dapatkan di tangan pemerintah ada 1,5 juta ton yang setiap saat bisa kita gelontorkan," katanya.

Mendag mengharapkan jangan ada penimbunan bahan pokok yang menyulitkan masyarakat mendapat bahan pokok di pasaran, karena kebutuhannya mencukupi.

"Jadi Insya Allah stok bahan pokok aman, tolong dibantu diawasi," katanya.

Sumber: ANTARA



Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE