Memanfaatkan Karang Taruna Sebagai Agen Sosialisasi Program Empat Pilar Kebangsaan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Minggu, 07 Mei 2017
Memanfaatkan Karang Taruna Sebagai Agen Sosialisasi Program Empat Pilar Kebangsaan
Sosialisasi program empat pilar kebangsaan puluhan di depan karang taruna se-Surabaya, Sabtu (6/5). (MerahPutih/Bud Lentera)

Anggota MPR RI, Bambang Haryo, memanfaatkan karang taruna sebagai salah satu elemen untuk melakukan sosialisasi program empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).

Menurut Bambang, karang taruna merupakan kalangan pemuda yang bisa memberikan wawasan kebangsaan langsung pada warga sekitar.

"Makanya kita bentengi pemuda. Jauh dari narkoba, dan siap menjadi pemersatu mengingat saat ini juga banyak perpecahan antar kelompok. Apalagi muncul paham radikal." kata Bambang saat menggelar sosialisasi empat pilar, di Surabaya, Sabtu (6/5) di hadapan puluhan karang taruna se-Surabaya.

Bambang menjelaskan, mengacu pada konstitusi, MPR dibantu DPR harus mensosialisasikan empat pilar kepada masyarakat. Tidak hanya pada karang taruna saja, namun pada siapa saja yang menjadi elemen masyarakat sebagai langkah untuk mencegah faham yang tidak sesuai Pancasila.

Anggota Komisi VI DPR RI dari partai Gerindra ini juga mengatakan, dalam melakukan sosialisasi, paling tidak bisa membangun karakter yang berkepribadian. Harapnya, pemuda-pemudi saat ini bisa memilah dan memilik mana yang baik dan mana yang buruk.

"Kalau masyarakat mengaplikasikannya di tengah-tengah lingkungan, maka bisa membentuk manusia berkarakter dan menegakkan NKRI," ujarnya.

Berita ini berdasarkan laporan tulisan dari Bud Lentera, kontributor sekaligus reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah Medan dan sekitarnya. Untuk mengetahui berita tentang kota Medan selanjutnya, silakan simak di: Setnov: Golkar Siap Dukung Gubernur Jatim dari NU

#Majelis Permusyawaratan Rakyat #NKRI #Karang Taruna
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan