Mantan Teroris: Deradikalisasi Harus Ditunjang Bantuan Ekonomi Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius (paling kanan). (Foto Dok BNPT)

Program deradikalisasi pelaku terorisme dinilai berhasil. Diharapkan, program ini dapat berjalan terus.

"Deradikalisasi yang dijalankan selama ini saya rasa sudah cukup bagus. Berhasilnya juga signifikan. Buktinya banyak para ikhwan yang dulunya radikal sekarang menjadi moderat," kata mantan teroris Khairul Ghazali di Jakarta, Sabtu (18/3).

Mantan pelaku teror dan perampokan Bank CIMB Medan ini menilai langkah pemerintah dengan merangkul para mantan kombatan untuk membantu program deradikalisasi juga cukup efektif. Khairul menilai pendekatan ekonomi lebih bagus daripada ideologi.

Menurutnya, para mantan pelaku aksi terorisme setelah menjalani hukuman pasti butuh pekerjaan agar mereka tidak kembali ke jalan salah. Karena itu mereka harus dilatih keterampilan.

"Mereka (mantan teroris) itu adalah manusia biasa yang punya hati. Tidak perlu diceramahi macam-macam. Setelah keluar dari penjara mereka dan keluarganya jangan distigmakan atau dikucilkan," ungkap pendiri sebuah pondok pesantren ini.


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE