Manajemen Ungkap Gaji Michael Essien di Persib Kurang dari Rp10 Miliar Michael Essien (tengah) bersama jajaran manajemen Persib Bandung (Twitter @persib)

Mantan gelandang Chelsea Michael Essien resmi bergabung dengan Persib Bandung. Pemain berusia 34 tahun itu dikontrak selama satu musim oleh manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dengan opsi diperpanjang.

Direktur Keuangan PT PBB Teddy Tjahyono mengatakan kedatangan Essien diharapkan dapat meningkatkan nilai kompetisi di Indonesia. Essien diperkenalkan kepada publik Bandung di markas Persib, bertepatan dengan HUT Persib ke-84.

"Alasan membawa Michael Essien ini agar bisa meningkatkan nilai kompetisi di Indonesia. Membuka pintu kepada pemain dunia lainnya untuk bisa memperkuat tim di Indonesia," kata Teddy seperti dikutip dari laman resmi klub di Graha Persib Jalan Sulanjana Bandung, Selasa (14/3).

Saat didekati Persib, Essien dalam status bebas transfer. Teddy menungkapkan proses mendatangkan Essien memakan waktu berbulan-bulan.

"Proses untuk mendatangkan pemain dunia ini cukup sulit. Butuh waktu berbulan-bulan untuk melakukan negosiasi," sambungnya.

Lalu berapa gaji Essien di Persib? Manajemen PT PBB enggan buka mulut, tapi memberikan sedikit bocoran Essien dibayar lebih rendah dari yang didapatnya di klub sebelumnya, Panathinaikos.

"Nilai kontraknya di bawah Rp10 miliar per musim. Kami memberlakukan opsi perpanjangan dan untuk awal dikontrak satu musim," kata Teddy di depan awak media.

"Kita harapkan dia (Essien) bisa membawa Persib lebih baik. Bisa mempertahankan gelar juara juga," kata Teddy lagi.

Sementara itu Essien mengatakan bangga bisa bergabung bersama salah satu tim terbesar di Indonesia.

"Semoga saya bisa menjadi awal untuk pemain dunia lainnya merumput di Indonesia. Semoga ini menjadi awal yang baik buat sepakbola Indonesia dan Persib," kata mantan pemain Real Madrid dan AC Milan itu.

Pemain asal Ghana, Afrika ini mengungkapkan alasannya bergabung dengan Persib. Essien mengaku tertarik bergabung dengan Pangeran Biru karena sepakbola sebagai olahraga terpopuler di Indonesia. Dia pun sepakat dengan kontrak berdurasi lebih dari satu tahun.

"Terimakasih telah mendatangkan saya ke sini. Saya senang dan ingin berikan yang terbaik," ucapnya.

Essien dikontrak Panathinaikos sejak Juni 2015. Kurun 28 November 2015 hingga 19 Maret 2016, Essien hanya tampil 15 kali, di mana 13 di antaranya sebagai starter. Dari 13 kali penampilannya tersebut, Essien hanya mencetak satu gol.

Karier Essien meredup akibat sering cedera. Di puncak kariernya bersama Chelsea, Essien turut berkontribusi mempersembahkan sembilan trofi, termasuk 2 gelar Premier League dan Liga Champions.



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH