Malam 1 Suro, Kori Kamandungan Dibuka

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 02 Oktober 2016
Malam 1 Suro, Kori Kamandungan Dibuka
Seorang pengendara saat melintas di pintu utama Keraton Kasunanan Solo,Jawa Tengah atau yang sering dikenal dengan kori kamandungan, Sabtu (1/10) siang. (Foto: MerahPutih/Win)

MerahPutih Nasional - Saat ini proses perbaikan Keraton Kasunanan Solo, Jawa Tengah masih terus berlangsung. Bahkan, pintu depan atau pintu utama keraton yang disebut kori kamandungan masih tertutup rapat dengan seng.

Meski begitu, saat upacara adat Malam 1 Suro, Minggu (2/10), seng yang ada di kawasan kori kamandungan akan dibuka sementara waktu hanya saat prosesi upacara adat tersebut.

“Tetap kori kamandungan akan kita buka sengnya. Karena ini bagian dari upcara adat, apalagi kan kirab akan kita mulai dari sana,” jelas Pengageng Museum Keraton Kasunanan Solo KPH Satriyo Hadinagoro kepada wartawan kemarin.

Pantuan merahputih.com, hingga H-1 Malam 1 Suro atau, Sabtu (1/10) siang, kori kamandungan masih tertutup seng. Hanya saja, sudah nampak janur menghiasi pintu utama tersebut.

Seperti diketahui, dalam kegiatan tersebut, keraton akan mengeluarkan 9 pusaka dan 7 ekor Kerbau Kyai Slamet. Untuk rute kirabnya, kurang lebih sejauh 7 kilometer. (Win)

BACA JUGA:

  1. Persiapan Keraton Solo Jelang Malam 1 Suro
  2. Aneh, Setiap Malam 1 Suro Pusaka di Saung Ranggon "Beranak"
  3. Mengenal Tradisi Malam 1 Suro di Indonesia
  4. Ini Dia Prosesi Keluarnya Sepasang Gunungan Milik Keraton Solo
  5. Besok, Keraton Solo Keluarkan Sepasang Gunungan
#Keraton Solo #Malam 1 Suro #Kori Kamandungan
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan