Padang Tak Sekadar Rendang Diambil dari instagram @foodgrampku

Siapa yang tidak suka dengan rendang? Kuliner dari Nagari Minangkabau ini menjadi salah satu makanan Indonesia yang juga go international. Banyak orang dari luar negeri juga menyukai daging berbumbu kental ini, bahkan menjadi nomor satu yang mereka cari saat berkunjung ke Indonesia.

Untuk persoalan makanan, Kota Padang memang perlu diacungkan jempol karena cita rasa kulinernya yang kaya akan rempah dan bumbu warisan turun-temurun. Namun selain rendang ternyata masih ada banyak kuliner khas nan lezat dari Sumatra Barat yang patut Anda coba jika berkunjung ke sana. Berikut 6 di antaranya:

1. Galamai

jalanjajanmurah.com
jalanjajanmurah.com

Ternyata dodol bukan cuma dari Garut lho. Di Sumatera Barat, tepatnya Payakumbuh, ada juga makanan sejenis dodol yang bernama galamai. Makanan yang terkadang disebut 'kalamai' atau 'calamai' ini terbuat dari tepung beras ketan, gula aren, dan santan. Bahan-bahan ini kemudian dimasak dalam suatu kuali besar hingga membentuk adonan yang bertekstur lengket dan berwarna kecokelatan. Gumpalan ini akan dipotong dan dibentuk sebelum adonannya dingin.

2. Sala lauak

@foodgrampku

Makanan khas dari Kabupaten Pariaman ini dinamakan dengan sala lauak. Lauak, yang dalam bahasa Minang adalah ikan, merupakan gorengan yang nikmat selagi hangat. Adonannya dibuat dari tepung beras, ikan asin, ditambah dengan bumbu seperti kunyit, bawang, cabai, dan garam. Dibentuk seukuran bola pingpong, sala lauak menjadi camilan yang banyak digemari.

3. Goreng rinuak

Instagram @exploremaninjau

Hampir sama dengan sala lauak, rinuak juga merupakan makanan yang terbuat dari ikan dengan ukuran yang cukup mini — sekitar 1-2 sentimeter. Makanan ini hanya dapat ditemukan di daerah Maninjau, terutama di sekitar Danau Maninjau. Makanan yang bentuknya mirip ikan teri ini biasanya diolah dengan cara digoreng, dibalado, atau dipepes. Rinuak yang digoreng biasanya menjadi oleh-oleh dan bisa disimpan selama 1-2 minggu.

4. Dadiah

Instagram @minangsedunia
Instagram @minangsedunia

Dadiah mirip dengan yoghurt. Hanya saja dadiah berasal dari susu kerbau yang difermentasikan dalam sebuah bambu, sedangkan yoghurt berasal dari susu sapi. Bagi masyarakat Minang, kuliner khas ini dihidangkan dengan cara mencampur dadiah dengan emping beras ketan, kemudian disiram dengan santan dan gula merah. Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi hidangan favorit pengganti lauk-pauk.

5. Lamang tapai

Instagram @agam_brai
Instagram @agam_brai

Mungkin lamang tapai sudah banyak diketahui dan mulai tersebar di mana-mana. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Untuk mencicipinya, biasanya lamang tapai dihidangkan bersamaan dengan tapai atau tape. Makanan ini sering disuguhkan pada hari raya, pesta pernikahan, maupun acara besar lainnya.

6. Pensi

kabarancak.com
kabarancak.com

Sama halnya dengan rinuak, makanan sejenis kerang berukuran kecil ini juga terdapat hanya di wilayah Danau Maninjau. Biasanya, masyarakat sekitar mengolah pensi dengan bumbu yang bercita rasa pedas dan asin. Bentuknya yang pipih dan kecil membuat pensi cocok dijadikan cemilan maupun makanan ringan. Namun tak jarang pensi juga dijadikan pelengkap makan nasi, karena dimasak dengan bumbu-bumbu khas Minang yang teksturnya agak berkuah.

Pasti banyak Sahabat Merahputih yang belum tahu makanan-makanan yang di atas kan? Nah, jika Anda berkunjung ke Padang, jangan lupa mampir dan cicipi 6 makanan tersebut ya! Selanjutnya Anda dapat membaca artikel tentang kuliner daerah lain di Pulau Sumatra: 5 Kuliner Khas Aceh yang Bikin Lidah Anda Bergoyang



Zahrina Idzni

LAINNYA DARI MERAH PUTIH