Lima Serangan Mengejutkan atas Pemimpin Barat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 06 Maret 2015
Lima Serangan Mengejutkan atas Pemimpin Barat
Penyerang Dubes AS di Korea Selatan, Mark Lippert, diringkus petugas keamanan. (Foto: Antara/Reuters)

MerahPutih International – Menjadi pemimpin harus siap menghadapi risiko terburuk. Termasuk menerima serangan brutal atau pelecehan dari seseorang atau kelompok yang kontra dengan kebijakan pemimpin tersebut. Berikut ada lima serangan yang dialami para pemimpin Barat.

Baru-baru ini, seorang duta besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan, Mark Lippert (42), mengalami luka parah pada bagian wajahnya karena serangan sebilah pisau, yang dilakukan oleh seorang warga Seoul, Korea Selatan saat menghadiri sebuah forum reunifikasi Korea pada hari Kamis (5/3).

Penyerang Mark itu termasuk yang menolak campur tangan Amerika Serikat atas perseteruan Korea Selatan dan Korea Utara. Saat menyerang Mark dengan pisau, Kim Ki Ong nampak mengenakan pakaian tradisional Korea berwarna cokelat. (Baca juga: Dubes AS, Mark Lippert Diserang Warga Seoul di Korea)

Sebuah tayangan dari YouTube mengumpulkan lima insiden yang dialami para pemimpin Barat. Setidaknya lima peristiwa ini adalah sebagian dari tragedi yang pernah terjadi dengan para pemimpin Barat. Pertama, Presiden Georgia Eduard Shevardnadze menerima serangan dari anggota parlemen dan massa dari luar gedung saat berpidato di parlemen tahun 2003. Beruntung ia bisa diselamatkan para pengawalnya dari amukan massa. Kedua, Presiden Ukrania Victor Yanukovich tertimpa karangan bunga saat berziarah ke makam pahlawan tahun 2010. Pada tahun yang sama, nasib nahas dialami Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi yang dihajar seseorang dengan patung logam hingga melukai pipi dan giginya saat menghadiri acara di kota Milan. Politikus dan pengusaha flamboyan Negeri Pizza itu dikenal karena terlibat sejumlah kasus korupsi dan skandal seks dengan perempuan di bawah umur.

Peristiwa yang juga fenomenal saat Presiden Amerika Serikat George W Bush saat menggelar jumpa pers bersama Perdana Menteri Irak Nouri Maliki di Baghdad Desember 2008. Seorang jurnalis Irak melemparkan sepatunya ke arah Bush, untung dia berhasil menghindar. Sontak, para penjaga keamanan meringkus jurnalis tersebut.

Terakhir, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy nyaris dilukai oleh warga Prancis pada tahun 2011 saat menyapa warga di pinggir jalan. Seorang pria dari balik kerumunan menggapai puncak Sarkozy dan seperti ingin menyeret pemimpin negeri Anggur itu. Beruntung para petugas keamanan kepresidenan segera melumpuhkan pria itu. (bro)

 

 

 

#Kasus Penyerangan #Mark Lippert
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan