Indonesiana Travel

Liburan ke Solo, Catat Kalendar Lengkap Wisata Tahun 2017

Liburan ke Solo, Catat Kalendar Lengkap Wisata Tahun 2017

MerahPutih Wisata - Menyambut tahun 2017 pemerintah Kota Solo telah mengagendakan sejumlah event yang dapat disinggahi wisatawan. Supaya tidak terlewatkan catat tanggal penyelenggaraan festival dan event menarik ini.

Januari

Membuka tahun 2017 di bulan Januari datanglah ke Taman Wisata Taru Jurung. Tanggal 26 Januari hadirilah Wilujengan Nagari Maesa Lawung akan diselenggarakan di Hutan Krendhawana Gondangrejo, Karanganyar.

Berikutnya, di Kawasan Pasar Gedhe digelar dua event yaitu Grebeg Sudiro pada tanggal 22 Januari dan Festival Imlek pada tanggal 22-26 Januari.

Februari

Selama satu bulan penuh warga Solo dan wisatawan dapat menikmati Solo Great Sale yang dimulai pada tanggal 1 hingga 28 Februari bertempat di Pusat Perbelanjaan Kota Surakarta.

Menyambut Hari Jadi Kota Surakarta ke-272 akan diselenggarakan Kirab Budaya pada tanggal 18 Februari di Jalan Slamet Riyadi - Balaikota Surakarta.

Seperti tahun lalu, Festival Jenang Solo yang menghadirkan Ragam Jenang Nusantara akan kembali hadir. Acara ini akan diselenggarakan di Kawasan Budaya Ngarsopuro pada tanggal 17-19 Februari.

Maret

Mengisi bulan Maret akan diselenggarakan dua event yakni Mangkunegaran Performing Art dan Kejuaraan Karate antar Mahasiswa Se-Asia Tenggara. Mangkunegaran Performing Art akan diadakan di Puro Mangkunegaran tanggal 18-19 Maret sementara Kejuaraan Karate di Gelanggang Olahraga Sritex Arena pada tanggal 24-26 Maret.

April

Pada tanggal 24 April bakal diselenggarakan Festival Parade Hadrah di Jalan Slamet Riyadi - Balai Kota Surakarta. Selain itu, tanggal 29 April diadakan Solo Menari di kawasan strategis Kota Solo.

Mei

Bulan Mei akan diramaikan tiga event yakni Solo Gamelan Festival pada tanggal 8 Mei di Benteng Vastenburg; Solo Trade Expo pada tanggal 11-14 Mei; dan Waisakha Puja Raya pada tanggal 20 Mei di Candi Putih dan Vihara Dharma Sundara.

Juni

Menyambut datangnya bulan Juni, enam event akan meramaikan Kota Solo, yakni Gelar Potensi Produk Kelurahan diselenggarakan di Atrium Solo Paragon selama satu bulan penuh; Malem Selikuran di Keraton Solo Hadiningrat pada tanggal 15-16 Juni; Syawalan Solo Zoo di Taman Satwa Taru Jurung pada tanggal 25 Juni - 2 Juli; Bakdan Ing Balekambang di Taman Balekambang pada tanggal 25 Juni - 2 Juli; Grebeg Pasa di Keraton Surakarta Hadiningrat pada tanggal 27 Juni; dan Bakdan Neng Solo di Benteng Vastenburg pada tanggal 28-30 Juni.

Juli

Di bulan Juli ada event menarik untuk anak-anak, yakni Festival Dolanan Bocah akan digelar di Taman Sriwedari pada tanggal 1-2 Juli. Dilanjutkan dengan acara berikutnya, Festival Kethoprak di Kawasan Ngarsopuro pada tanggal 7-8 Juli.

Kemudian, bagi Anda penggemar kain batik jangan lewatkan Solo Batik Carnival ke-10 di Sriwedari - Benteng Vastenburg yang akan diselenggarakan pada 14-15 Juli. Selain itu, bagi penikmat musik keroncong akan digelar Solo Keroncong Festival. Bertempat di Benteng Vastenburg yang akan dihelat pada 21-22 Juli.

Masih di bulan Juli, acara Semarak Budaya Indonesia akan digelar di Taman Balekambang Solo pada 27-28 Juli. Terakhir, (SITEX) & Gebyar Produk Unggulan Nusantara pada 27-30 Juli di Solo Square / Paragon Mall Kota Solo.

Agustus

Bulan Agustus, ada lima event yang akan diselenggarakan. Diawali dengan Grand Final Putra-Putri Solo akan diadakan di Balai Kota Surakarta pada 5 Agustus; Apresiasi Musik Kebangsaan di Benteng Vastenburg pada 18 Agustus; Pawai Pembangunan yang dimulai dari Stadion Sriwedari hingga Balaikota Surakarta pada 18 Agustus; dan Solo Paragon Scot Festival #1 pada 19-20 Agustus di Solo Paragon Mall.

September

Bulan September diramaikan tujuh event. Grebeg Besar akan membuka rangkaian festival di bulan September. Acara Grebeg Besar diselenggarakan pada 2 September di Keraton Surakarta Hadiningrat.

Selanjutnya, SIPA di Benteng Vastenburg pada tanggal 7-9 September. Festival Payung Indonesia akan diselenggarakan di Taman Balekambang 15-17 September

Kemudian berturut-turut adalah Srawung Seni Sakral di Museum Keris pada tanggal 20 September; Suro Bulan Budaya di Museum Radyapustaka dan Kawasan Budaya pada 20 September - 21 Oktober; Kirab Malam 1 Suro di Keraton Surakarta Hadiningrat & Istana Mangkunegaran pada tanggal 21 September; dan Solo City Jazz di Benteng Vastenburg pada 28-30 September.

Oktober

Bulan Oktober ada banyak event yang bisa disinggahi. Semarak Singo Barong hadir pada 6-7 Oktober di Stadion Sriwedari; Solo Batik Fashion pada 13-14 Oktober di Manahan Surakarta; Balekambang Kumandang pada 22 Oktober di Taman Balekambang; Soloist Solo pada 28 Oktober di Kawasan Strategis Slamet Riyadi; Pasar Seni Balekambang pada 26-29 Oktober di Taman Balekambang; dan International Mask Festival (IMF) pada 27-28 Oktober di Mangkunegaran.

November

Acara musik bagi penggemar musik Rock akan menghentak Kota Solo. Acara bertajuk "Rock in Solo" berlangsung di Stadion Manahan pada tanggal 12 November.

Desember

Di bulan Desember ada empat rangkaian acara yang sayang untuk dilewatkan. Grebeg Maulid pada 1 Desember di Keraton Surakarta Hadiningrat; Sekaten pada 2 Desember di Keraton Surakarta Hadiningrat; Peringatan Maulid Nabi Muhammad bersama Ahbaabul Musthofa pada 12 Desember di Masjid Agung; dan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi pada 16 Desember di Pasar Klewer.

Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami