Legislatif Apresiasi Pembentukan Satgas Pangan Herman Khaeron. (MP/Amsal Chaniago)

Pembentukan Satgas Pangan diharapkan dapat mengawasi lonjakan harga pangan di pasaran. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron di sela-sela acara penyerahan bantuan alat pertanian dan Upaya Khusus (UPSUS) di Desa Suranenggala, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jabar, Rabu (17/5).

Herman Khaeron mengatakan, pembentukan Satgas Pangan untuk mengawasi harga sejumlah bahan pangan di pasaran sangat baik dan sudah sesuai dengan UU.

Dengan adanya Satgas pangan ini, diharapkan harga sejumlah bahan pangan yang biasanya melonjak cukup tinggi jelang bulan Ramadan dan Idulfitri dapat teratasi.

"Satgas Pangan dibentuk untuk mengawasi situasi harga di pasar. Kalau wajar-wajar saja tidak masalah, tapi biasanya para spekulan menjelang momen tertentu di mana permintaan pasar meningkat itu mereka mainkan," kata Herman.

Lanjut Herman, Satgas Pangan ini dapat memberikan efek jera bagi para spekulan atau pemain pasar untuk tidak menaikkan harga sembako melebihi harga yang telah ditetapkan pemerintah

Lebih lanjut, Herman berharap ke depannya Satgas Pangan ini bisa dibentuk menjadi satu instrumen khusus yang menangani para spekulan atau pun pemain pasar.

"Ke depan bukan hanya satgas, tapi secara reguler, secara organik dibentuk direktorat khusus untuk menangani spekulan," pungkas politisi Partai Demokrat ini.

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Medan dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya: Mentan Hadir Bazar Tahrib Ramadan Bogor


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE