Laporan Keuangan Pemprov DKI Raih Opini WDP

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Mei 2017
Laporan Keuangan Pemprov DKI Raih Opini WDP
Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016.

Hasil pemeriksaan tersebut disampaikan BPK di Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (31/5).

Menurut anggota Komisi V BPK Ismayatun, ada sejumlah persoalan yang masih menjadi sorotan dan perlu perbaikan ke depannya.

"Seperti pada tahun sebelumnya, ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki ke depannya," kata Ismayatun.

Di antaranya, kata Ismayatun, sistem informasi aset belum mendukung pencatatan aset sesuai standar akuntansi, inventarisasi aset belum selesai, data Kartu Inventaris Barang tidak informatif dan tidak valid, penyusutan aset tidak didukung kertas kerja penyusutan, aset tanah yang sama dicatat pada tiga SKPD yang berbeda dan ada pula yang dicatat pada dua SKPD yang berbeda, aset tanah belum dicatat, dicatat namun tanpa informasi lokasi dan sertifikat tanah, dan aset peralatan dan mesin tidak didukung data rincian.

Selain itu, pengelolaan pajak kendaraan bermotor, keterlambatan sepuluh paket pekerjaan pada empat SKPD yang belum dikenakan denda keterlambatan minimal senilai Rp68,95 miliar.

Ia menambahkan, dari hasil penyerahan LHP kepada DPRD DKI ditemukan juga pungutan pendapatan dari izin reklamasi.

"Menemukan pemungutan pendapatan berupa aset sebagai bentuk tambahan kontribusi reklamasi dari pemohon izin reklamasi, namun belum diatur dalam perda dan tidak didukung perikatan yang legal dengan pemohon izin reklamasi untuk mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak. Aset dari tambahan kontribusi reklamasi tersebut berpotensi menimbulkan kewajiban kontinjensi yang membebani Pemprov DKI Jakarta," terangnya. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ketua DPRD DKI Pimpin Paripurna Pemberhentian Ahok

#BPK #DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan