Lakukan Ini Saat Menjamu Klien Penting Diskusi bisnis di lapangan golf (Foto: ciocouncilsouthflorida.org)

Komunikasi bisnis kian canggih. Cukup menggunakan layanan voice atau video call, Sahabat Merahputih dapat berkomunikasi dengan klien. Akan tetapi, Sahabat Merahputih sebaiknya tetap menggunakan cara-cara lama untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Salah satunya dengan cara mengundang klien menghadiri jamuan makan siang di resto bergengsi.

Sebelum mengundang klien, ikuti aturan sederhana ini agar jamuan makan siang lebih produktif dan menyenangkan.

Jamuan makan siang (Foto: rimelsbarandgrill.com)

Pilih waktu yang tepat

Makan siang bersama klien bisa lebih produktif ketimbang rapat. Lakukan jamuan makan siang di luar kantor, lalu matikan ponsel sejenak untuk menciptakan suasana yang lebih rileks. Cara ini efektif jika ingin melakukan diskusi yang bersifat rahasia. Saat mengundang klien, biasakan untuk menghargai jabatan dan waktu kosong yang dimiliki klien. Jika mengundang klien yang jabatannya lebih tinggi dan Sahabat Merahputih tidak terlalu mengenalnya, jangan ambil risiko dengan membuat mereka menghabiskan waktu bersama Anda. Mengopi merupakan pilihan tepat untuk perbincangan singkat.

Beri klien kesempatan memilih lokasi

Saat mengundang, biarkan tamu memilih spot makan siang. Namun, pembayaran tetap dilakukan oleh Sahabat Merahputih. Jika mereka menyerahkan keputusannya kepada Anda, Sahabat Merahputih dapat segera menjatuhkan pilihan. Pastikan Sahabat Merahputih memilih resto dan makanan yang sesuai dengan gaya hidup klien. Jangan ajak vegetarian ke kafe yang menawarkan steak. Apabila mengundang klien mendiskusikan bujet tahun depan, hindari memesan makanan di resto termahal di kota Anda.

Datang satu jam sebelumnya

Tiba di resto sebelum waktu yang dijanjikan agar Sahabat Merahputih dapat mengecek dan memastikan meja dan makanan yang disiapkan pihak resto sesuai dengan pesanan. Waktu kedatangan yang ideal ialah satu jam sebelum jadwal. Jika akan mendiskusikan topik penting, pilih meja di ruangan yang sepi. Biasanya, meja yang terletak di ujung atau sudut ruangan lebih sepi daripada meja yang terletak di tengah ruangan.

Pilih spot terbaik

Lapangan golf merupakan tempat terbaik untuk mendiskusikan bisnis. Aturan umum ialah hindari masuk ke topik bisnis sebelum lubang keempat. Diskusi soal bisnis di meja dapat menciptakan ketidakpastian. Maka, waktu yang tepat untuk masuk ke topik sosial ialah sebelum Sahabat Merahputih menerima minuman dan makanan yang telah dipesan. Ketika pembicaraan seputar bisnis sudah dimulai, batasi pembicaraan seputar klien. Mulai dari bisnisnya, lalu tempat kerjanya. Setelah itu, baru lah tawari bantuan apabila perusahaannya membutuhkannya.

Hindari memesan minuman beralkohol

Jika Sahabat Merahputih mengundang klien dan tagihan dibayar oleh perusahaan, Anda sebaiknya tidak memesan alkohol. Namun, jika klien menginginkan minuman beralkohol, biarkan dia yang memesannya. Aturan terbaik ialah membiarkan tamu memesan terlebih dahulu sehingga mereka tidak terpengaruh oleh pilihan Sahabat Merahputih.

Seni membayar

Mengurusi tagihan ternyata ada seninya. Sahabat Merahputih harus mengetahui tekniknya. Seninya ialah ketika cek diberikan, mata Sahabat Merahputih harus tetap menatap ke arah mata klien jika mereka sedang berbicara. Jangan memperlihatkan wajah kaget ketika melihat jumlah tagihan yang teramat besar. Jika ada kesalahan pada tagihan, minta izin untuk berbicara dengan pelayan secara terpisah tanpa membuat tamu merasa tidak nyaman. Saat membayar, jangan putuskan percakapan dengan tamu. Namun, lakukan kontak mata dengan pelayan agar dia mengambil kartu kredit Sahabat Merahputih dengan cepat.

Matikan ponsel

Ini penting. Matikan ponsel selama jamuan makan siang berlangsung. Ini akan membuat percakapan lebih fokus dan klien merasa dihargai.

Untuk mengetahui resto bergengsi di Jakarta yang bisa Sahabat Merahputih pertimbangkan sebagai tempat menjamu tamu, silakan baca artikel ini: Emilie, Nikmatnya Cita Rasa Khas Prancis.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH